120 Peserta Kerja ke Jepang Digembleng Pelatihan Bahasa dan Budaya

JABAR EKSPRES – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumedang bekerjasama dengan berbagai LPK pelatihan program magang ke Jepang menggelar Program Pelatihan Bahasa dan Budaya Jepang Tahun 2024.

Program ini bagian dari Pelatihan Kerja dan Produktivitas Tenaga Kerja, yang  berlangsung selama enam bulan dan diikuti 120 peserta.

“Pelatihan ini sagat penting dan strategis. Untuk menjadi tenaga kerja yang kompeten, professional dan berdaya saing tinggi itu perlu dilakukan pelatihan. Saat ini dilakukan pelatihan yang spesifik yaitu bahasa dan budaya Jepang untuk bekerja di Jepang,” kata Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli saat membukan pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Disnakertrans, Senin (5/8/2024)

Baca juga : Pj Bupati Sumedang Ajak APINDO Hapuskan Kemiskinan Ekstrem

Menurutnya, supaya para tenaga kerja bisa diterima dengan baik di Jepang maka dilatih disini tentang bahasa dan budayanya.

“Pemerintah hadir untuk menurunkan angka pengangguran yang dari tahun ke tahun terus menurun karena Dinaskertrans melakukan sinergi dengan LPK, Sekolah, Dunia Usaha, Pimpinan Pondok Pesantren dan para orang tua. Mohon doa dan dukungannya dari orang tua supaya anak-anak nya sukses,” kata Yudia.

Dikatakan Yudia, program ini sangat strategis karena mengurangi angka kemiskinan.

“Jadi pengaguran itu bisa menyebabkan kemiskinan. Makanya supaya dia bekerja peluang-peluang kesempatan kerja ini dibuka. Tugas dari Disnakertrans ini melatih dulu para pencari kerja. Bagimana angka pengangguran di Kabupaten Sumedang semakin hari semakin tidak ada,” ujar Yudia.

Yudia meminta Disnakertrans mempunyai jejaring yang bagus supaya bisa membuka peluang pelatihan yang banyak.

“Saya harap Disnakertrans mempunyai jejaring yang bagus. Kalau sekarang para peserta 120 orang ke depannya bisa mencapai ribuan orang untuk pelatihan ini”pungkasnya.

Baca juga :Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli Mendapat Gelar Kehormatan dari Keraton Sumedang Larang

Kepala Bidang Pelatihan dan Vokasi dan Produktivitas Disnakertrans Irma Dewi Agustin menyebutkan, para peserta pelatihan telah melalui tahapan seleksi secara transparan secara selektif.

“Peserta diseleksi mulai tes fisik, matematika dasar, bahasa Jepang dan tes psikologis. Tes psikologi supaya mentalnya bagus karena bekerja di negara yang etos kerjanya tinggi,” kata Irma.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan