ELECTRIC KARTING RACE 2024, Bey Machmudin: Keamanan Kendaraan Sudah Teruji

JABAR EKSPRES – Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menghadiri pembukaan Electric Karting Race 2024 di Sirkuit EV PUPR, Kota Bandung, Sabtu (3/8/2024).

Dalam rangkaian acara pembukaan itu Bey bersama Menteri PUPR Republik Indonesia Basuki Hadimuljono, Ketua IMI Bambang Soesatyo, serta pebalap nasional Fitra Eri dan Alexandra Asmasoebrata menjajal Sikuit EV PUPR dengan mengendarai E-Karting.

Bey menceritakan begitu mengasyikkan mengendarai Electric Karting, apalagi keamanannya sangat teruji sehingga melaju dengan kecepatan tinggi pun tetap aman.

“Tadi saya mencoba dua lap, sebetulnya dari awal ingin ngegas terus, tapi kayaknya nggak boleh nyusul. Menarik pula tadi dari sisi karting-nya itu bukan yang tercepat, tapi saya merasakan cukup baik dan kalau belok-belok itu safety-nya tinggi seperti gokart,” ungkap Bey.

Tak hanya tentang keamanannya yang sudah teruji, Bey juga mengaku pada saat mengendarai diakhir garis finis merasakan goyangan-goyangan karena ketika menemui belokan ditancap gas dengan cepat. Namun hal itu menjadi adrenalin sekaligus keistimewaan bagi pecinta olahraga Electric Karting.

“Terakhir saya balapan setelah lap kedua itu pada kebut-kebutan dan saya rasakan safety-nya bagus. Jadi saya gas terus pas belokan memang agak goyang-goyang, tapi kalau yang senang justru kesenanganya di situ agak melintir dikitlah,” tuturnya.

Sementara itu Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono berharap pelaksanaan event ini ke depannya tidak hanya dilaksanakan di Bandung dan IKN, Kalimantan Timur. Namun, bisa diselenggarakan pula di provinsi lain demi mempromosikan wisata di Indonesia.

“Saya dengan perintah beliau (Ketua IMI) supaya E-Karting ini tidak hanya di Bandung dan IKN saja seri keduanya. Tapi kalau bisa di provinsi lain sehingga ini dapat menjadi kegiatan nasional dan menghidupkan pariwisata di Indonesia,” ujar Basuki.

Terkait penyediaan fasilitas, Basuki menjelaskan, Kementerian PUPR akan membangun beberapa sirkuit lagi di provinsi lainnya di Indonesia dengan memanfaatkan lahan kantor PU.

“PU membangun sirkuit dengan memanfaatkan lingkungan di kantor PU. Ini adalah kantor PU dan kita bikin sebagai percobaan. Untuk aspal macam-macam di sini, seperti aspal karet, aspal beton, dan aspal plastik. Semua ini kita pakai, yang berikutnya di IKN juga begitu, sirkuitnya di lingkungan kantor PU,” tandasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan