Lembaga Permasyarakatan Banjar Gandeng Dinas Kesehatan Cek Kesehatan Warga Lapas

JABAR EKSPRES – Dalam rangka memperingati Hari Pengayoman ke-79 pada tahun 2024, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Banjar, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Barat, menggelar serangkaian kegiatan yang berfokus pada peningkatan kesehatan bagi warga binaan, petugas, serta masyarakat. Salah satu kegiatan utamanya adalah pemeriksaan kesehatan gratis yang diselenggarakan di lobi kantor Lapas Banjar.

Pemeriksaan kesehatan ini merupakan bagian dari pedoman pelaksanaan rangkaian peringatan Hari Pengayoman Ke-79 Tahun 2024, sesuai dengan surat Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI. Kegiatan ini diselenggarakan dalam kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Banjar melalui Puskesmas Pataruman 3.

“Kami ingin memastikan bahwa petugas, warga binaan, maupun masyarakat mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Kesehatan yang baik dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup mereka,” ujar Kepala Lapas Banjar, Amico Balalembang, Selasa 30 Juli 2024.

BACA JUGA: Kasus Kematian Ibu dan Anak di Bandung Barat, Polisi Masih Rangkai Kesimpulan: Tunggu Hasil Forensik!

Pemeriksaan kesehatan gratis ini mencakup pengecekan tekanan darah, gula darah, kolesterol, serta pemeriksaan umum lainnya. Selain itu, petugas kesehatan juga memberikan edukasi mengenai gaya hidup sehat dan pola makan yang seimbang kepada peserta.

Selama kegiatan berlangsung, tercatat sebanyak 62 orang, terdiri dari warga binaan, pegawai, dan masyarakat mengikuti pemeriksaan kesehatan.

“Tema Mengabdi Untuk Negeri Menuju Indonesia Emas 2045 yang diusung dalam peringatan Hari Pengayoman Ke-79 tahun ini menjadi landasan bagi kami (Lapas Banjar) untuk berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kota Banjar dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” kata Amico.

Melalui pemeriksaan kesehatan gratis ini, pihaknya berharap dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan dan kualitas hidup warga binaan, petugas, serta masyarakat sekitar.

“Kegiatan ini juga sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan akses layanan kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat, termasuk mereka yang berada di dalam sistem pemasyarakata,” ujarnya.

Dengan kerja sama yang erat antara Lapas Banjar dan Dinas Kesehatan Kota Banjar, diharapkan pemeriksaan kesehatan gratis ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh lebih banyak orang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan