Soal Terminal Cicaheum akan Menjadi Depo BRT, Organda Jabar Minta Hal Ini ke Pemerintah

JABAR EKSPRES – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana akan merubah fungsi Terminal Tipe A Cicaheum, Kota Bandung pada tahun 2025 nanti menjadi Depo Bus Rapid Transit (BRT) Bandung Raya

Nantinya dalam rencana tersebut, seluruh kendaraan angkutan umum baik antar kota antar provinsi (AKAP) maupun antar kota dalam Provinsi (AKDP) yang biasa ditempatkan di Terminal Tipe A Cicaheum akan dialihkan ke Terminal Leuwipanjang Bandung.

Menanggapi hal tersebut, Organisasi Angkutan Darat atau Organda Provinsi Jawa Barat (Jabar) mengugkapkan jika nantinya aturan ini dijalankan, pemerintah khusunya Kemenhub harus memperhatikan angkutan umum lainnya diluar AKAP dan AKDP untuk tetap bisa memberikan pelayanannya.

BACA JUGA: Lahir dari Anak Seorang Petani, Wamentan Akui Paham Persoalan Petani dan akan Terus Berikan Inovasi

“Yang pertama mungkin pemerintah harus turut membantu perubahan-perubahan moda angkutan yang sudah ada saat ini agar para pengusaha pun mampu bersaing dengan angkutan BRT yang rencananya tahun depan akan dioperasikan. Sehingga nantinya para pengusaha ini tidak hilang,” ucap Sekretaris Organda Jabar Irfan Nurmufidin, saat dihubungi Jabar Ekspres, Sabtu (27/7).

Selain harus memperhatikan angkutan umum lainnya, Irfan menambahkan pemerintah juga harus mampu menyiapkan salah satu jenis moda tranportasi seperti Feeder.

Hal ini dilakukan, agar menurut dia nantinya bisa mempermudah masyarakat atau penumpang dalam menjangkau BRT di Terminal Tipe A Cicaheum.

BACA JUGA: Tertuang dalam Visi Presiden Terpilih, Wamentan Targetkan Indonesia 3 Tahun Swasembada Pangan

“Ini juga harus diperhatikan oleh pemerintah agar para penumpang yang dulunya sering ke Terminal Cicaheum ini akan lebih mudah,” ungkapnya

Meski begitu, Irfan menuturkan setiap kebijakan atau keputusan yang diambil pemerintah dalam memajukan layanan angkutan umum pihaknya akan tetap mendukung.

“Jadi kalau selama keputusan atau regulasi pemerintah ini untuk meningkatkan pelayanan angkutan umum kemudian juga untuk meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan angkutan umum, tentu kita sangat menyambut baik hal ini,” imbuhnya

BACA JUGA: Afiliasi Kian Digemari, Begini Perhitungan Pajaknya

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat (Dishub Jabar) A Koswara menjelaskan, bahwa rencana perubahan Terminal Cicaheum, Kota Bandung menjadi Depo BRT ini sudah berdasarkan hasil kajian Kemenhub lewat Project Management Consultant.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan