Bansos PKH Kapan Cair di Bulan Juli 2024? Cek Jadwal Pencairan & Daftar Penerima DISINI

JABAR EKSPRES – Pencairan bansos Program Keluarga Harapan (PKH) tahap 3 tahun 2024 membawa kabar baik bagi keluarga penerima manfaat (KPM) yang telah menantikan bantuan ini.

Pada hari ini, Senin, 22 Juli 2024, status PKH di SIKS-NG pendamping sudah mencapai tahap final closing. Selain itu, status sebagian KPM PKH alokasi Juli-Agustus sudah menampilkan hasil cek rekening yang berhasil.

Hal ini berarti bahwa jadwal pencairan PKH tahap 3 tahun 2024 untuk alokasi Juli-Agustus dan Agustus-September akan segera dilaksanakan. Kemensos telah membagi daftar nama-nama daerah yang akan menerima pencairan bansos PKH. Berikut daftar lengkap wilayah pencairan PKH:

Wilayah pertama mencakup: Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bangka Belitung, Bengkulu, dan Jawa Barat.

Wilayah kedua meliputi: DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

BACA JUGA: Informasi Terbaru Pencairan Bansos PKH dan BPNT 2024, Cair Bulan Ini?

Wilayah ketiga mencakup: Banten, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Jawa Timur, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Jadwal Pencairan Bansos PKH 2024

Kemensos menyalurkan bansos PKH melalui KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) dan Kantor Pos sebanyak empat kali dalam setahun. Jadwal pencairannya adalah sebagai berikut:

  • Bansos PKH tahap 1: Januari-Februari-Maret
  • Bansos PKH tahap 2: April-Mei-Juni
  • Bansos PKH tahap 3: Juli-Agustus-September
  • Bansos PKH tahap 4: Oktober-November-Desember

Cara Cek Daftar Penerima Bansos PKH 2024

Untuk memastikan apakah Anda termasuk dalam daftar penerima bansos PKH 2024, Anda bisa mengeceknya melalui beberapa langkah mudah. Pertama, kunjungi situs resmi yang disediakan oleh Kemensos.

Selanjutnya, masukkan data diri Anda yang diperlukan seperti NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan data lainnya sesuai petunjuk. Jika nama Anda terdaftar, informasi pencairan akan muncul secara otomatis.

Informasi tentang jadwal pencairan dan cara cek daftar penerima ini sangat bermanfaat bagi para KPM yang menantikan bantuan dari program ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan