Naskah Khutbah Jumat Tentang Amalan Puasa Sunnah di Bulan Muharram

JABAR EKSPRES – Keistimewaan Bulan Muharram sebagai salah satu bulan mulia banyak dimanfaatkan kaum muslim untuk memperbanyak amalan, baik amalan fardhu dan juga amalan sunnah. Salah satu amalan yang banyak dilakukan selama bulan Muharram adalah puasa sunnah. Ada beberapa puasa sunnah yang bisa dilakukan di bulan Muharram, seperti puasa Tasu’a, puasa Asyura, puasa Senin Kamis, puasa Daud hingga puasa Ayyamul Bidh.

Baca juga : Mengenal 17 Peristiwa Penting yang Terjadi Saat Hari Asyura 10 Muharram

Berikut penjelasan lengkap mengenai amalan puasa sunnah dalam Khutbah Jumat yang disampaikan oleh Akhmad Taqiyuddin Mawardi, Pengasuh Pesantren An-Nashriyah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang.

Khutbah 1

إِنَّ الْحَمْدَ لِلهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَاهَادِيَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ

أَمَّا بَعْدُ، فَإِنِّي أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْقَدِيْرِ الْقَائِلِ فِيْ مُحْكَمِ كِتَابِهِ : اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah.

Pada Jumat pertama tahun 1446 hijriah ini, khatib berpesan kepada diri khatib pribadi, maupun kepada jamaah sekalian. Marilah kita bertakwa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, dengan imtitsaalul awaamir, wajtinaabun nawahiih. Menjalankan segala perintah Allah sejauh batas maksimal kemampuan kita. Dan menjauhi segala larangan Allah tanpa terkecuali.

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah.

Bulan Muharram merupakan salah satu dari empat Asyhurul Hurum. Bulan yang dimuliakan. Yang tiga bulan berurutan, dan yang satu bulan terpisah. Yang berurutan adalah bulan Dzulqa’dah, Dzulhijjah dan Muharram. Sedangkan yang terpisah adalah bulan Rajab. Allah berfirman dalam QS. At-Taubah ayat 36:

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Artinya, “Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram.” “Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.”

Baca Juga: Jadwal Puasa Sunnah di Bulan Muharram, Jangan Sampai Terlewat Puasa Tasu’a dan Asyura

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah.

Dalam kitab Al-Lisan dijelaskan, bahwa bulan pertama dalam kalender Islam, dinamakan Muharram. Orang Arab menamakan demikian, karena pada bulan Muharram mereka tidak memperbolehkan peperangan. Bulan Muharram sering disebut dengan istilah Syahrullah Muharram. Penyandaran bulan ini pada lafal Jalalah, sebagai bentuk penghormatan terhadap bulan Muharram. Sebagaimana Ka’bah yang disebut sebagai Baitullah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan