PPDB Tahap Dua di Bandung Barat Tersisa 4.320 Kursi

JABAR EKSPRES – Tahap pertama Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kabupaten Bandung Barat (KBB) mencapai 10.080 lulusan sekolah dasar.

Dengan begitu, masih tersisa 4.320 kursi yang tersedia dalam tahap kedua penerimaan peserta didik baru yang dijadwalkan dimulai pada 1 Juli 2024 mendatang.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Bandung Barat, Rustiyana mengatakan, jumlah lulusan sekolah dasar di wilayahnya mencapai 25.000 siswa.

Meski yang diterima di SMP Negeri hanya 14.000 orang, Rustiyana meyakini bahwa sisanya akan tertampung di sekolah swasta.

“Empat kecamatan yang manjadi sekolah pilihan terbanyak yaitu Batujajar, Padalarang, Ngamprah, dan Lembang,” kata Rustiyana saat dikinfirmasi, Jumat (28/6/2024).

Sementara bagi wilayah selatan Bandung Barat, seperti Cipongkor, Sindangkerta, Gununghalu, dan Rongga, menurut dia, madrasah atau swasta menjadi pilihan para siswa dan orang tua.

“Karena mereka lebih mempertimbangkan tentang jarak sekolah dari rumah,” katanya

Tahap pertama PPDB Kabupaten Bandung Barat dimulai pada Rabu 19 Juni 2024 dan berlangsung hingga 26 Juni 2024.

Pada tahap ini, penerimaan dibagi dalam tiga jalur: zonasi, afirmasi, dan perpindahan tugas orang tua, dengan total kuota mencapai 70%.

Rustiyana menjelaskan bahwa jadwal PPDB di Bandung Barat berbeda dengan daerah lain, namun masih tetap dalam batasan jadwal yang ditetapkan oleh Kemendikbud.

“Meski berbeda masih tetap dalam batasan jadwal yang ditetapkan dari Kemendikbud,” ujarnya.

Tahap kedua yang akan dimulai pada 1 Juli 2024, akan menyediakan kuota sebesar 30% untuk jalur prestasi akademik dan nonakademik.

Perubahan jalur dalam tiap tahapan ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan bagi calon peserta didik untuk mengikuti seleksi di tahap 2.

Pada tahun 2023, tahap pertama PPDB hanya dibuka untuk jalur afirmasi dengan kuota 20%.

Sedangkan tahap kedua dibagi menjadi empat jalur pendaftaran yaitu jalur zonasi sebanyak 50%, afirmasi 20%, jalur perpindahan tugas orang tua 5%, dan jalur prestasi sebesar 25%.

Dengan mekanisme yang lebih terstruktur dan jadwal yang berbeda namun tetap dalam batasan yang ditetapkan, diharapkan PPDB tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan semua siswa dapat tertampung di sekolah yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan mereka. (Wit)

Writer: Suwitno

Tinggalkan Balasan