Keutamaan Rutin Istigfar 3 Kali Setelah Sholat

JABAR EKSPRES – Tujuan penciptaan manusia adalah untuk beribadah kepada Allah. Namun ada yang merasa puas dengan ibadah yang dilakukan padahal belum tentu ibadahnya diterima Allah. Penting sekali untuk selalu istigfar dalam setiap kesempatan.

Salah satunya istigfar setelah melakukan sholat fardhu, hal ini karena belum tentu ibdaha yang kita lakukan sudah benar.

Bagaimana jika ada kekurangan dalam ibadah tersebut dan kita tidak menyadarinya, karenanya kita harus selalu beristigfar memohon ampunan kepada Allah.

Jangan sampai kita terlampau berbangga diri dengan ibadah yang sudah kita lakukan.

Baca juga : Lafaz Istigfar Terbaik Ajaran Rosulullah

Tsauban radhiyallahu ‘anhu berkata,
“Apabila Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam selesai dari shalatnya (shalat fardhu), beliau beristighfar tiga kali dan mengucapkan :
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
اللَّهُمَّ أنْتَ السَّلاَمُ ، وَمِنْكَ السَّلاَمُ ، تَبَارَكْتَ يَاذَا الجَلاَلِ وَالإكْرَامِ
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Artinya : Ya Allah, Engkau pemberi keselamatan, dan dari-Mu keselamatan. Mahasuci Engkau, wahai Tuhan Pemilik Keagungan dan Kemuliaan).
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Ada yang bertanya pada Al-Auza’i, salah satu perawi hadis ini,

“Bagaimana cara beristighfar ?”
Al-Auza’i menjawab, “Caranya membaca ASTAGHFIRULLAH ASTAGHFIRULLAH ASTAGHFIRULLAH (Aku memohon ampun kepada Allah. Aku memohon ampun kepada Allah). (HR. Muslim, no. 591).
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Dengan istigfar yang benar, maka kita bisa terlindung dari sikap sombong dan berbangga diri.

Baca juga : 12 Macam Bacaan Istigfar  dan Waktu Terbaik Membacanya

Karena kita akan mengembalikan segala sesuatunya kepada Allah, termasuk menyerahkan segala amalan kepadaNya. Jangan sampai kita tertipu dengan amalan yang tidak seberapa ini.

Jika hamba merasa tidak takjub pada amalnya sendiri, itu akan membuat amalan tersebut mudah diterima.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Keselamatan, rasa aman, dan thuma’ninah seperti yang dibaca dalam dzikir di atas adalah suatu nikmat yang Allah anugerahkan pada mereka yang mengikuti ajaran Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Semoga setelah mengetahui hal ini, kita bisa semangat untuk istiqomah membacanya setiap selesai shalat fardhu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan