Cegah Longsor dan Banjir, Polsek Cileunyi Bersama Warga Gotongroyong Penanaman Pohon

JABAR EKSPRES – Menjaga serta melestarikan keberlangsungan lingkungan, menjadi tanggungjawab semua pihak, baik pemerintah juga setiap elemen masyarakat.

Semakin bertambahnya jumlah penduduk serta pesatnya pembangunan, cukup mempengaruhi kondisi lingkungan. Begitu pun dengan beroperasinya sejumlah industri.

Oleh sebab itu, guna menjaga lingkungan agar tak berdampak negatif, perlu dilakukan berbagai upaya seperti konservasi hingga menyediakan ruang terbuka hijau (RTH).

BACA JUGA: Intip Produksi UMKM Ecoprint Kota Bandung, Ramah Lingkungan dan Hasilkan Produk Bernilai Jual Tinggi

Terkait hal itu, jajaran anggota Polsek Cileunyi lakukan penanaman pohon di kawasan Bumi Perkemahan Wisata Batu Kuda, Kampung Cikoneng, Desa Cibiruwetan, Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung.

Kapolsek Cileunyi, Kompol Rizal Adam Al Hasan mengatakan, jumlah tumbuhan yang ditanam ada sebanyak 1.000 pohon kayu keras berbagai jenis.

“Jadi dalam memperingati HUT ke-78 Bhayangkara 2024 ini, kita lakukan kegiatan kepedulian lingkungan,” katanya pada Kamis (27/6).

BACA JUGA: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Watch FE

Menurut Rizal, kegiatan yang dilakukan merupakan upaya nyata kepedulian Polri terhadap lingkungan hidup dalam menjaga kelestarian bumi.

“Kita lakukan penyelamatan bumi melalui kegiatan Polisi peduli penghijauan. Kita tanam secara simbolis sebanyak 1.000 pohon,” bebernya.

Rizal menerangkan, antusiasme masyarakat dalam kegiatan peduli lingkungan pun cukup tinggi, terlihat dari banyaknya warga yang turut serta menanam pohon di lokasi sekitar.

BACA JUGA: Historace, Mengenal Jejak Sejarah di Kota Bandung

Rizal menilai, penanaman pohon memiliki banyak manfaat seperti mengatasi masalah banjir, tanah longsor hingga mengurangi ancaman pemanasan global.

“Pohon juga mempunyai manfaat menambah produksi oksigen, serta lebih khususnya dapat menurunkan kadar polusi udara di sekitar wilayah Kecamatan Cileunyi,” terangnya.

Rizal menjelaskan, kegiatan penanaman pohon ini juga merupakan wujud nyata kolaborasi antara aparat Kepolisian dengan masyarakat.

BACA JUGA: Bawaslu Jabar Beberkan Kerawanan Tahapan Coklit

“Warga setempat turut bergabung dalam aksi ini, menunjukkan adanya kesadaran bersama dalam menjaga alam dan mewujudkan lingkungan yang lebih sehat dan lestari,” jelasnya.

Rizal mengungkapkan, peran Polisi tidak hanya sebatas penegakan hukum saja, akan tetapi juga terlibat aktif dalam kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan