Digelar dalam Satu Hari, Lebih dari 4 Ribu Loker Tersedia di Job Fair Kota Banjar

JABAR EKSPRES – Sebanyak 4.043 lowongan kerja (loker) dari 25 perusahaan tersedia pada pelaksanaan Job Fair Kota Banjar tahun 2024 yang diselenggarakan Dinas Ternaga Kerja Kota Banjar di Gedung Banjar Convention Hall (BCH), Kota Banjar Jawa Barat, Selasa (25/6/2024).

Job Fair yang resmi dibuka oleh Pj Wali Kota Banjar Ida Wahida Hidayati itu digelar selama satu hari, pada 25 Juni 2024.

“Ada sekitar empat ribu lebih loker dari 25 perusahaan dalam Job Fair ini, sementara jumlah pengangguran yang ada di Kota Banjar sekitar 5 ribuan orang. Semoga dengan pelaksanaan Job Fair ini para pencari kerja mendapat pekerjaan yang sesuai,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Banjar, H Sunarto, di lokasi Job Fair Kota Banjar tahun 2024, Selasa (25/6).

Nampak puluhan stand perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan di dalam gedung BCH berjejer. Sementara para pencari kerja sejak pagi terus memadati area gedung BCH.

BACA JUGA:Pedagang Ingin Revitalisasi Cepat Dilakukan, Penataan Pasar Parakanmuncang Sumedang Mulai Ada Titik Terang

“Ini komitmen pemerintah dalam menyiapkan lapangan pekerjaan bagi masyarakat, khususnya untuk warga Kota Banjar dan sekitarnya. Job Fair ini remsi diselenggarakan setiap tahun, menjadi agenda rutin,” kata Sunarto.

Sementara itu Pj Wali Kota Banjar Ida Wahida Hidayati mengatakan, trend yang terjadi dalam lowongan pekerjaan yakni setiap tahun jumlah calon tenaga kerja terus bertambah sementara lapangan pekerjaannya sedikit.

“Ini menjadi salah satu kendala dimana jumlah pencari kerjanya banyak, setiap tahun bertambah, sementara lapangan pekerjaannya terbatas,” ujar Ida Wahida Hidayati.

BACA JUGA:KPU Kota Banjar Lantik 568 Pantarlih Jelang Pilkada Serentak 2024

Selain itu, kendala di lapangan seperti kurangnya dukungan bagi investor yang akan masuk ke Kota Banjar, juga menjadi faktor minimnya lapangan pekerjaan.

“Ada investor mau datang tapi terkadang terkendala dengan kepemilikan lahan, atau harga tanahnya terlalu mahal. Kemudian ada hambatan-hambatan lain juga yang menyebabkan investor tidak jadi berinvestasi di Kota Banjar,” katanya.

Meski demikian, ia berharap jumlah pencari kerja sebanyak 5 ribu orang lebih ini bisa teratasi oleh pelaksanaan Job Fair.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan