Cerita Neneng, Penjual Kue dan Baju di Pasar Rebo Kini Bisa Menopang Perekonomian Keluarga Berkat Holding Ultra Mikro BRI

JABAR EKSPRES – Tidak ada usaha yang berjalan mulus tanpa adanya sebuah hambatan. Inilah yang dialami oleh Neneng Kurniasih seorang penjual kue dan baju di daerah Rindam, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Neneng sempat mengalami limbung usahanya akibat pandemi Covid-19 yang melanda.

Neneng mengawali usahanya dengan berjualan kue kering. Seiring dengan terkumpulnya keuntungan, ia kemudian memutar modalnya dengan menambah produk usaha, yaitu berjualan baju secara kredit.

BACA JUGA: Virgoun Akan Jalani Rehabilitasi Selama 3 Bulan di RSKO

“Awalnya saya memulai usaha berjualan kue kering pada 2012. Kue tersebut saya jual dengan sistem pre-order. Dari usaha jualan kue kering itu, terkumpul modal usaha baru, kemudian saya manfaatkan untuk berjualan baju secara kredit ke orang-orang,’’ ungkap Neneng mengawali ceritanya. ‘

‘’Namun, usaha saya sempat anjlok akibat pandemi Covid-19,’’ lanjut Neneng.

Setelah tak berjualan lama karena pandemi Covid-19 dan minimnya modal untuk memulai usaha lagi, Neneng kemudian dikenalkan dengan program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) dari PT PNM oleh salah satu temannya.

BACA JUGA: Alasan Bonney Bisa Jadi Nika di One Piece Chapter 1118

Layanan ini merupakan pinjaman modal untuk perempuan prasejahtera pelaku UMKM yang diluncurkan sejak 2015.

“Saya kemudian mencoba pinjam modal ke PNM Mekaar sekitar tahun 2021-2022. Saya dapat pinjaman sekitar Rp6 juta. Modal tersebut saya manfaatkan untuk menjalankan usaha jualan baju, karena pikir saya saat itu makanan sudah banyak pesaingnya,’’ imbuh Neneng.

‘’Namun, setelah usaha jualan baju itu membuahkan keuntungan, saya akhirnya juga memanfaatkan pinjaman tersebut sebagai modal untuk berjualan kue kering lagi,” tambahnya.

BACA JUGA: Review Huawei Matebook X Pro 2024, Laptop Premium dengan Fitur Menarik?

Lewat produk usaha bernama ‘Nastar Jadoel Emak Nye Ociit’, Neneng mengaku banyak menerima pesanan kue kering. Kukis yang dijual bermacam-macam.

Nastar dalam kemasan toples 500 gram dijual seharga Rp60 ribu, sagu keju Rp55 ribu, putih salju Rp60 ribu, kemudian ada biji ketapang Rp40 ribu dalam kemasan 600 gram. Neneng juga menjual peyek kemasan toples 5 liter seharga Rp40 ribu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan