Dorong Kesadaran Gizi Anak dengan Sosialisasi Gemar Makan Ikan

JABAR EKSPRES – Untuk meningkatkan konsumsi ikan di Kota Cimahi, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) mengajak masyarakat, terutama anak-anak usia dini, untuk gemar mengkonsumsi ikan.

Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang diadakan di Lapangan Apel dan selasar Gedung B Pemerintah Kota Cimahi pada Rabu (19/6), dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Cimahi, Dikdik S. Nugrahawan, dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Tita Maryam.

Salah satu peserta, Intan Nuraini (37), mengungkapkan bahwa putrinya cukup sulit untuk mengkonsumsi ikan. Menurutnya, putrinya yang saat ini duduk di kelas 3 SDN Cibabat Mandiri 1 Cimahi yang sering mengeluh saat makan ikan.

BACA JUGA: Kronologi dan Dugaan Sementara Kebakaran Kantor BNI Kendal

“Kebetulan ada sosialisasi seperti ini, dan kebetulan juga sekolah diajak kesini. Satu kesempatan sih buat ngasih tahu ke anak bahwa pentingnya makan ikan,” ucapnya saat ditemui Jabar Ekspress.

Intan mengungkapkan, anaknya sangat antusias saat melihat berbagai stan ikan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya jenis ikan yang dipamerkan, mulai dari ikan air laut hingga ikan air tawar.

“Dia antusias sekali, terutama waktu lihat ikannya langsung dan bisa dicoba juga. Anak saya Alhamdulillah jadi semangat makan ikan,” katanya.

BACA JUGA: Pemprov DKI Jakarta Berikan Insentif PBB-P2 untuk Hunian di Bawah Rp2 Miliar

Ia berharap, kegiatan Gemarikan ini dapat dilaksanakan secara rutin. Khususnya untuk anak-anak SD yang sedang dalam masa pertumbuhan, menurut Intan, mengkonsumsi ikan sangat penting untuk meningkatkan gizi dan perkembangan mereka.

“Harapannya bisa terus rutin mengadakan kegiatan seperti ini,” harap Intan.

Sementara itu, Sub Koordinator Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Dispangtan Cimahi, Agus Mamidin Farid menjelaskan, pihaknya juga mengadakan bazar makanan yang menggunakan ikan sebagai bahan bakunya. Para peserta bazar berasal dari berbagai daerah, termasuk Cirebon dan Pelabuhan Ratu.

BACA JUGA: Wakil Ketua MPR Sebut Pembentukan Pansus untuk Evaluasi Haji Tidak Diperlukan

“Kita kan sebetulnya enggak punya pantai atau danau, tapi tetap ikan itu kan dibutuhkan,” kata Agus.

Meskipun komoditi ikan masih impor, Agus menyatakan untuk memperoleh ikan di sejumlah pasar di Kota Cimahi terbilang cukup mudah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan