Pendaftaran PPDB Tahap Pertama Usai, Disdik Jabar akan Pilah Calon Siswa Baru

JABAR EKSPRES, BANDUNG – Proses pendaftaran tahap pertama Penerimaan peserta Didik Baru (PPDB) 2024 untuk tingkat SMA, SMK, SLB, pada tanggal 7 Juni 2024 kemarin telah dinyatakan usai.

Tercatat selama porses pendaftaran tersebut, sebanyak 310.748 calon peserta didik baru telah mendaftar di tahap pertama PPDB 2024. Yang dibuka sejak tanggal 3 – 7 Juni kemarin oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat (Disdik Jabar).

Maka untuk proses selanjutnya, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Disdik Jabar Ade Afriandi menyebut, pihaknya akan melakukan verifikasi dan validasi data para calon peserta didik baru tersebut. Sebelum diumumkan pada taggal 19 Juni 2024 nanti.

BACA JUGA:Bey Machmudin Ingatkan Panitia PPDB Jabar Antisipasi Pendaftar Membludak di Hari Terakhir

“Kemungkinan 2 – 3 hari kedepan proses verifikasi selesai. Tapi sebetulnya pada saat hari pertama (pendaftaran) kemarin itu, kita langsung lakukan verifikasi namun tidak sebanding dengan (jumlah) yang mendaftar. Karena online jadi lebih cepat (prosesnya), sedangkan verifikasi harus mencocokan antara data yang dikirimkan dengan dokumen (yang diserahkan). Jadi inilah yang membuat proses verifikasi tidak mungkin bersamaan selesainya dengan proses pendaftaran,” ungkapnya saat dikonfimasi, Senin (10/6).

Meski begitu, Ade mengaku pihkanya akan terus bekerja hingga hasil pengumuman tahap pertama PPDB 2024 dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

“Jadi sebelum tanggal 19 (Juni) itu verifikasi validasi harus sudah selesai, kemudian disusun didalam sistem untuk melihat mana yang memenuhi ketentuan dan tidak, lalu selanjutnya akan dibahas didalam rapat dewan guru dengan kepala sekolah secara mandiri, dan akan langsung menetapkan dalam gugusan kepala sekolah tentang peserta didik baru ini,” imbuhnya.

BACA JUGA:Tata Cara Lapor Pengaduan PPDB di Jabar 2024, Ini Syaratnya

“Jadi setelah pendaftaran tahap pertama ini beres, proses selanjutnya kita akan lakukan verifikasi, tapi bukan berarti verifikasi itu setelah tanggal 7 (Juni) baru verifikasi, namun sejak hari pertama pendaftaran. Jadi akan ada pemilahan dulu,” sambungnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) melalui Dinas Pendidikan (Disdik) baru saja menyelesaikan proses pendaftar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 tahap pertama untuk tingkat SMA, SMK, dan SLB yang dibuka sejak tanggal 3 – 7 Juni kemarin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan