Ini Dia 9 Tips Pola Asuh Bikin Anak Pintar dan Bahagia, Yuk Coba!

JABAR EKSPRES – Setiap orang tua tentu ingin melihat anak-anaknya tumbuh cerdas dan bahagia. Selain memilih sekolah terbaik dan memberikan nutrisi yang tepat, pola asuh juga memainkan peran penting dalam perkembangan anak. Nah, berikut ini adalah beberapa tips seru yang bisa Anda terapkan untuk mendukung tumbuh kembang anak.

1. Diskusi Berita Bersama

Mengajak anak menonton berita atau membaca artikel bersama bisa jadi aktivitas seru sekaligus edukatif. Mulai dari politik hingga perubahan iklim, topik-topik tersebut bisa didiskusikan bersama anak. Menurut Katherine Palmer, seorang guru di Calgary, Kanada, berdiskusi tentang isu-isu terkini membantu anak mengembangkan pandangan pribadi, berpikir kritis, dan melatih kemampuan komunikasi.

2. Belajar dari Kesalahan

Jangan takut anak melakukan kesalahan. Ketika mereka gagal, berikan dukungan dan ajari mereka bahwa kegagalan adalah bagian dari proses belajar. Menghadapi kegagalan dengan bijak membantu anak belajar untuk tidak mudah menyerah dan terus berusaha.

3. Hargai Usaha Anak

Daripada hanya fokus pada hasil, berikan pujian atas usaha yang dilakukan anak. Brian Galvin, kepala bagian akademik di Varsity Tutors, menuturkan bahwa menghargai upaya dan antusiasme anak akan lebih mendorong mereka untuk terus berusaha keras.

4. Hindari Overprotective

Pola asuh ‘helikopter’ atau terlalu melindungi anak justru bisa membuat mereka kesulitan memecahkan masalah sendiri. Biarkan anak belajar dari kesalahan mereka dan mengembangkan ketahanan diri. Ini penting untuk menyiapkan mereka menghadapi tantangan di masa depan.

5. Batasi Screen Time

Waktu anak menatap layar perlu dibatasi. Terlalu banyak screen time bisa berdampak buruk pada pola tidur, perilaku, dan kesehatan anak. Dampingi anak saat menonton dan ajak mereka berdiskusi tentang konten yang dilihat.

6. Berikan Contoh yang Baik

Anak cenderung meniru apa yang dilakukan orang tua. Oleh karena itu, jadilah contoh yang baik. Misalnya, jika Anda ingin anak membuang sampah pada tempatnya, pastikan Anda juga melakukannya.

7. Belajar dari Anak

Terkadang, anak juga bisa menjadi guru yang hebat. Dengarkan apa yang mereka pelajari di sekolah atau lingkungan sekitar. Ini tidak hanya membuat anak merasa dihargai, tetapi juga memperkuat hubungan Anda dengan mereka.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan