Badan Geologi Catat Aktivitas Erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki Masih Mendominasi

JABAR EKSPRES – Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) catat kejadian erupsi masih mendominasi aktivitas Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

‘’Memang Lewotobi Laki-laki saat ini belum stabil sepenuhnya, aktivitas erupsi masih mendominasi dan masih akan terjadi beberapa hari kemudian,’’ kata Ketua Tim Gunung Api dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, Heruningtyas Desi Purnamasari ketika dihubungi dari Lewoleba, ibu kota Kabupaten Lembata, Senin (3/6).

Heruningtyas menjelaskan aktivitas erupsi masih mendominasi disebabkan suplai magma yang masih cukup banyak. Selain itu, terekam aktivitas gempa Vulkanik Dangkal yang meningkat dalam beberapa hari terakhir.

BACA JUGA: 10 Karakter Paling Genius dalam Anime, Kombinasi Kekuatan dan Kecerdasan yang Luar Biasa!

Pada periode pengamatan 16-31 Mei 2024, terdapat 499 kali gempa vulkanik dangkal dan 258 kali gempa vulkanik dalam.

Aktivitas erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki terkini dilaporkan terjadi pukul 16.14 WITA dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 900 meter di atas puncak.

Kolom abu tersebut teramati berwarna putih, kelabu, hingga coklat dengan intensitas tebal condong ke arah barat daya dan barat.

BACA JUGA: Cara Kerja dan Indikasi Aplikasi WPONE itu Penipuan Investasi Bodong

Heruningtyas mengatakan erupsi itu terekam pada seismogram dengan amplitude maksimum 47,3 mm dan durasi sementara kurang lebih 8 menit 20 detik.

Dengan kondisi Gunung Lewotobi Laki-laki yang masih erupsi, Badan Geologi mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada pasalnya gunung tersebut masih berasa Level II atau Waspada.

Badan Geologi juga mengeluarkan himbauan kepada masyarakat atau pengunjung tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius dua km dari pusat erupsi.

BACA JUGA: Belum Siap Hentikan Perang, Netanyahu Menolak Gencatan Senjata Terbaru?

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan