Sebut Berdirinya Kota Cimahi Korban Regulasi, Bacawalkot Adhitia Yudisthira Menuai Banyak Kecaman

JABAR EKPSRES – Beredar video Bakal Calon Wali Kota Cimahi Adhitia Yudisthira saat bersosialisasi di daerah Kelurahan Leuwigajah pada Rabu 23 Mei 2024. Video tersebut pun membuat Adhitia banyak menuai kecaman dari berbagai tokoh masyarakat, termasuk dari para penggagas pembentukan Cimahi sebagai Kota otonom.

Pria yang pernah menjadi Asisten Pribadi Mantan Wali Kota Bandung Dada Rosada itu mendapat banyak kecaman karena perkataannya yang menyebutkan jika berdirinya Kota Cimahi adalah korban dari regulasi.

Dalam video yang berdurasi 2,29 menit tersebut, Adhitia mengatakan jika Cimahi lahir secara kebetulan. ”Kita itu korban regulasi, yang mana keluar undang-undang OTDA tahun 99 yang akhirnya kita menjadi salah satu Kotif yang dimekarkan menjadi kota Otonom,”  bebernya.

Namun, lanjut Adhitia, dalam prosesnya Cimahi tidak semulus atau selancar kota-kota lain atau Kotif lain. Sehingga, dampaknya pun diraskan hari ini. Di mana wilayahnya kecil, batas wilayahnya tidak jelas.

”Resorsinya juga begini sumber daya manusia lebih tinggi ketimbang potensi sumber daya alam,” ucapnya.

Tidak sampai di situ, Adhitia juga mengatakan jika  PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) Cimahi tinggi, namun uang berputar dikalangan tertentu saja, bukan di masyarakat. Sehingga, meski Indeks Pembangunan Manusia (IPM)-nya tinggi tapi angka pengangguran jauh lebih tinggi.

”Artinya secara makro kita bagus, tapi secara mikro kita buruk gitu. Ini lah akibat dari lahirnya sebuah kota yang tidak terkonsep dengan baik,” terangnya.

”Nah itu lah yang saya pelajari. Oh berarti bagaimana membangun Pemerintah Kota Cimahi yang berkelanjutan, yang berkemanusiaan. Sehingga saya mengusung tema hepi,” sambungnya.

Pernyataan-pernyataan dari Adhitia itu lah yang membuat para tokoh masyarakat mengecamnya. Bahkan beberapa di antaranya meminta agar masyarakat tidak memilih calon wali kota yang tidak mengetahui sejarah wilayah yang akan dipimpinya.

Ketua LSM Penjara Andi Halim misalnya, dia meminta Adhitia untuk mundur dari bursa pencalonan kepala daerah di Cimahi. pasalnya, pernyataan Adhitia tersebut sudah banyak melukai masyarakat, terutama para penggagas dan pendiri Cimahi.

”Kenapa harus mundur? Karena dia harus bertanggung jawab atas perkataannya yang kami anggap sebagai penghinaan terhadap keberadaan Kota Cimahi,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan