Ketahui 7 Cara Alami Mengatasi Keloid, Apa Saja Bahannya?

JABAR EKSPRES – Daging tumbuh atau yang disebut berdasarkan istilah medis sebagai keloid, merupakan jenis pertumbuhan jaringan parut yang berlebihan. Kondisi tersebut terjadi saat tubuh berlebihan dalam proses penyembuhan luka, sehingga menyebabkan adanya pertumbuhan jaringan parut yang lebih besar dari luka aslinya.

Keloid cenderung lebih besar dari luka aslinya dan sering kali berwarna lebih gelap dari warna kulit di sekitarnya.

Daging tumbuh ini belum sepenuhnya dipahami apa yang menjadi penyebabnya, tetapi faktor-faktor genetik, peradangan, ketegangan pada kulit, dan trauma fisik seperti luka bakar atau operasi, merupakan beberapa faktor yang berperan dalam perkembangannya. 

BACA JUGA: Apa Itu Sunburn? Ketahui Beberapa Cara Alami untuk Mengatasinya  

Untuk membantu menghilangkan atau mengatasi keloid, terdapat beberapa cara alami yang dapat dilakukan. Namun, hasilnya mungkin bervariasi tergantung pada jenis kulit dan seberapa besar keloidnya. 

Cara Alami Mengatasi Keloid

Berikut terdapat beberapa cara alami yang bisa dilakukan guna mengatasi daging tumbuh:

  • Minyak Tea Tree

Minyak tea tree memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik yang bisa membantu mengurangi peradangan dan mengurangi ukuran keloid. Oleskan beberapa tetes minyak tea tree langsung ke area keloid setiap hari.

  • Lidah Buaya

Diketahui memiliki sifat penyembuhan luka yang baik, gel lidah buaya dapat di oleskan langsung ke keloid beberapa kali sehari.

  • Minyak Rosehip

Minyak rosehip kaya akan antioksidan dan asam lemak esensial yang bisa membantu memperbaiki jaringan kulit. Oleskan beberapa tetes minyak rosehip ke keloid setiap hari. 

BACA JUGA: DANA KAGET 28 Mei 2024, Klaim LINK Penghasil Uang Ini Sekarang Juga!

  • Lemon Juice

Lemon juice miliki kandungan asam alpha hydroxy yang bisa membantu mengurangi penampilan keloid. Oleskan sedikit jus lemon ke keloid, biarkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih.

  • Madu

Madu memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang bisa membantu mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan keloid. Oleskan madu ke keloid dan biarkan selama 15-20 menit sebelum membilasnya dengan air bersih.

  • Minyak Kelapa

Memiliki sifat pelembap alami dan bisa membantu melembutkan jaringan parut, minyak kelapa dapat dioleskan pada keloid setiap hari dan pijat dengan lembut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan