Cara Melakukan Perawatan Rutin Mobil Setiap Bulannya, Dijamin Bikin Awet!

JABAR EKSPRES – Artikel ini akan berbagi cara melakukan perawatan rutin mobil setiap bulannya supaya mobil Anda awet dan selalu dalam kondisi prima.

Melakukan perawatan mobil tidak harus setiap bulan, namun bisa juga setiap dua minggu sekali.

Minimal, pastikan perawatan dilakukan satu bulan sekali untuk menjaga performa mobil Anda. Berikut ini adalah langkah-langkah mudah yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Langkah Pertama: Membuka Kap Mobil

  1. Membuka Kap Mobil: Pertama, buka kap mobil Anda. Di bagian bawah sebelah kanan driver, ada tuas untuk membuka kap mobil bagian depan. Tarik tuas tersebut. Kap mobil tidak akan langsung terbuka, Anda perlu membantu dengan tangan. Gunakan dua tangan; tangan kanan untuk mengangkat kap mobil dan tangan kiri untuk menarik tuas kecil yang menjadi pengaman.
  2. Memasang Penyangga Kap: Setelah kap terbuka, pasang penyangga untuk menjaga agar kap tidak turun.

Mengecek Kondisi Oli

  1. Tarik Stik Oli: Cari stik pengecek oli dan tarik keluar. Perhatikan posisinya. Jika posisinya full, berarti aman. Jika Anda ragu, bersihkan stik dengan tisu, masukkan kembali, diamkan beberapa detik, lalu tarik kembali untuk memastikan.
  2. Pastikan Oli Tidak Berkurang: Pastikan posisi oli berada di batas atas dan tidak berkurang. Jika oli berkurang, segera tambah oli yang sesuai dengan rekomendasi pabrik.

BACA JUGA: Bolehkah Sering Gonta-ganti Oli Motor? Ini Informasinya

Mengecek Cairan Radiator

  1. Periksa Air Radiator: Buka tutup radiator dan periksa airnya. Pastikan air radiator cukup dan tidak ada kebocoran.
  2. Cek Tabung Reservoir: Lihat tabung reservoir. Jika air radiator berkurang, air di tabung ini akan terhisap untuk mencukupi kebutuhan radiator. Pastikan posisinya berada di tengah-tengah, artinya masih dalam kondisi baik.

Mengecek Air Wiper

  1. Periksa Air Wiper: Cari logo wiper dan periksa posisi airnya. Pastikan air wiper tidak kosong karena sering digunakan untuk membersihkan kaca mobil.

Mengecek Aki dan Minyak Rem

  1. Periksa Aki: Pastikan air aki tidak berada di bawah tanda low. Jika hampir low, tambahkan air aki secukupnya.
  2. Cek Minyak Rem: Pastikan minyak rem berada di posisi maksimal. Jika berkurang, berarti ada kebocoran pada sistem rem yang perlu segera ditangani.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan