Apa Itu Sunburn? Ketahui Beberapa Cara Alami untuk Mengatasinya

JABAR EKSPRES – Sunburn merupakan suatu kondisi yang terjadi pada kulit akibat paparan sinar ultraviolet (UV) yang berlebihan dari matahari. Paparan sinar UV bisa merusak lapisan terluar kulit, menyebabkan peradangan, kemerahan, nyeri, hingga terkadang membuat kulit mengelupas.

Beberapa gejala pada kulit akibat sunburn meliputi kulit kemerahan, rasa panas atau terbakar di area yang terkena, nyeri, kulit yang terasa kaku atau kaku, dan mungkin munculnya lepuh atau mengelupas. 

Jika sunburn sangat parah atau menyebabkan gejala seperti mual, muntah, demam, atau lepuh yang luas, disarankan untuk segera mencari bantuan medis, guna penanganan lebih lanjut. 

Cara Alami Atasi Surnburn

Berikut ini terdapat beberapa cara alami yang dapat dilakukan guna mengatasi sunburn:

  • Dinginkan Kulit

Mengompres area yang terbakar dengan kompres dingin atau mandi air dingin bisa membantu meredakan sensasi terbakar dan mengurangi peradangan. 

BACA JUGA: Saldo DANA Gratis hingga Rp 300.000 Cair di Link DANA Kaget Hari Ini!

  • Gunakan Pelembap

Setelah kulit dibersihkan dan dikeringkan, oleskan pelembap yang lembut dan bebas minyak untuk membantu menghidrasi kulit yang kering karena sunburn.

  • Minum Air

Kondisi yang terjadi pada kulit ini dapat menyebabkan dehidrasi, jadi pastikan untuk minum banyak air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

  • Gunakan Lidah Buaya

Gel lidah buaya bisa memberikan efek pendinginan dan menyembuhkan kulit yang terbakar. Ambil gel lidah buaya langsung dari daunnya dan oleskan ke area yang terkena sunburn.

  • Gunakan Mentimun

Iris mentimun dingin dan letakkan irisannya di atas area yang terbakar. Ini juga bisa memberikan efek pendinginan yang menyegarkan. 

BACA JUGA: Film ‘Jurnal Risa by Risa Saraswati’, Hadirkan Sosok Samex yang Paling Ditakuti Segera Tayang di Bioskop

  • Hindari Produk Beralkohol

Hindari produk yang memiliki kandungan alkohol atau bahan kimia lain di dalamnya  yang bisa mengiritasi kulit yang sudah terbakar.

  • Konsumsi Antioksidan

Makan makanan yang kaya antioksidan, seperti buah-buahan dan sayuran, bisa membantu mempercepat proses penyembuhan kulit.

  • Gunakan Minyak Esensial

Minyak esensial seperti lavender atau minyak esensial chamomile bisa membantu dalam meredakan peradangan dan memberikan efek pendinginan pada kulit yang terbakar. Pastikan untuk mencampurkan minyak esensial dengan minyak pembawa seperti minyak kelapa atau minyak almond sebelum mengoleskannya ke kulit.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan