xAI Elon Musk Kumpulkan $6 Miliar untuk Kembangkan Teknologi A.I.

JABAR EKSPRES – Perusahaan kecerdasan buatan milik Elon Musk, xAI, mengumumkan pada hari Minggu bahwa mereka telah mengumpulkan dana sebesar $6 miliar, membantu menutup kesenjangan pendanaan dengan OpenAI, Anthropic, dan pesaing lainnya di industri yang sangat berkembang pesat ini.

Dana tersebut akan digunakan “untuk membawa produk pertama xAI ke pasar, membangun infrastruktur canggih, dan mempercepat penelitian serta pengembangan teknologi masa depan,” kata perusahaan tersebut dalam sebuah pernyataan.

Elon Musk, yang mendirikan xAI pada bulan Juli, mengatakan dalam sebuah posting di media sosial bahwa putaran pendanaan tersebut menilai perusahaan pada angka $18 miliar, tidak termasuk dana baru. Investor yang terlibat termasuk perusahaan besar Silicon Valley seperti Andreessen Horowitz dan Sequoia Capital, serta Pangeran Alwaleed bin Talal dari Arab Saudi.

Investor dan perusahaan teknologi besar seperti Google, Meta, dan Microsoft telah menginvestasikan miliaran dolar ke dalam bisnis yang mengembangkan sistem A.I., dengan harapan mendapatkan keuntungan saat teknologi ini diintegrasikan ke berbagai aspek bisnis dan kehidupan sehari-hari. Investasi ini juga mencerminkan biaya tinggi untuk menjalankan sistem A.I. generatif, yang membutuhkan daya pemrosesan besar untuk menghasilkan teks, suara, dan gambar.

Baca juga: Review POCO F6 Series & POCO Pad: Apakah Layak Dibeli?

Dalam laporan penelitian terbaru tentang perkembangan A.I., analis di Deutsche Bank mencatat bahwa “peningkatan konstan pada model A.I. generatif yang sudah sangat kuat menunjukkan bagaimana teknologi ini dengan cepat menjadi standar industri bagi para pemimpin pasar.” Mereka mengatakan bahwa pemain utama di industri ini tidak bisa “membiarkan diri tertinggal dalam persaingan awal sebelum posisi pasar tertanam kuat.”

OpenAI, yang meluncurkan chatbot ChatGPT pada akhir 2022, telah kira-kira melipatgandakan valuasinya dalam setahun terakhir, mencapai $80 miliar, dengan dukungan sekitar $13 miliar dari Microsoft.

Anthropic, yang didirikan pada tahun 2021, telah mengumpulkan sekitar $8 miliar, sebagian besar dari Amazon, dan mencapai valuasi sekitar $15 miliar. Raksasa teknologi seperti Google dan Meta juga telah menginvestasikan banyak dana pada teknologi A.I. mereka sendiri, yang dengan cepat diintegrasikan ke dalam rangkaian produk mereka.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan