Jalur Afirmasi PPDB 2024 Utamakan Masyarakat Kurang Mampu

JABAR EKSPRESS, CIMAHI – Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berlangsung dari 10 Juni hingga 12 Juli untuk semua jenjang pendidikan, mulai dari TK, SD, hingga SMP.

Terkait jalur afirmasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) adalah bentuk pelayanan dari dinas pendidikan dan pemerintah untuk memfasilitasi masyarakat kurang mampu.

Sekretariat Dinas Pendidikan, Asep Suryana mengatakan jalur afirmasi disediakan bagi siswa dari keluarga tidak mampu, bertujuan untuk memberikan akses pendidikan yang lebih merata dan adil.

“Jadi pada intinya afirmasi adalah untuk anak-anak kita yang orang tuanya kurang mampu,” ucapnya pada Jabar Ekspress.

Asep menjelaskan bahwa ada empat kategori penerima bantuan. Pertama, pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP). Kedua, keluarga penerima Program Keluarga Harapan (PKH). Ketiga, penerima beras sejahtera daerah (rastrada).

“Terakhir yaitu, penerima bantuan pangan non-tunai dan penyandang disabilitas,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan, Heni Tishaeani menjelaskan Dinas Pendidikan Kota Cimahi telah berupaya memenuhi Indikator Kinerja Utama (IKU) dengan fokus pada pemerataan akses dan peningkatan kualitas pendidikan.

“Saya berharap kepada masyarakat agar tidak berbondong-bondong ingin masuk semua ke negeri, terutama yang masuk ke SMP,” ucap Heni.

Heni menekankan bahwa pemerintah akan membantu masyarakat yang ingin menyekolahkan anaknya di sekolah swasta dengan memberikan subsidi SPP gratis, mulai dari jenjang SD hingga SMP.

“Dengan catatan bagi masyarakat yang kurang mampu yang akan membuktikan dengan sebutkan sudah ada di dataran DTKS,” tegasnya. (Mong)

Writer: Firman Satria

Tinggalkan Balasan