Sering Dijadikan Sebagai Teh, Ketahui Apa Saja Manfaat Bunga Chamomile

JABAR EKSPRES – Bunga chamomile merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang didalamnya terdapat beberapa kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan.

Jenis tanman ini berasal dari keluarga Asteraceae, selain itu, diketahui bahwa tanaman ini memiliki dua jenis chamomile yang paling sering digunakan untuk keperluan obat-obatan dan minuman herbal, yaitu chamomile Jerman (Matricaria recutita) dan chamomile Roma (Chamaemelum nobile).

Bunga ini sendiri telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional karena khasiatnya yang beragam, serta sering digunakan dalam teh herbal dan produk perawatan tubuh. 

Ketahui apa saja kandungan nutisi yang ada pada bunga chamomile dan apa saja manfaatnya bagi kesehatan. 

Kandungan Nutrisi dalam Bunga Chamomile

Bunga chamomile mengandung berbagai senyawa aktif yang memberikan manfaat kesehatan. Beberapa kandungan nutrisi dan senyawa yang terbisa dalam bunga chamomile meliputi:

  • Flavonoid

Chamomile mengandung flavonoid seperti apigenin, quercetin, dan patuletin, yang memiliki sifat antiinflamasi, antispasmodik, dan antioksidan.

  • Minyak Esensial

Minyak esensial chamomile mengandung senyawa-senyawa seperti bisabolol, chamazulene, dan bisabolol oxide, yang memberikan aroma harum dan memiliki efek menenangkan serta antiinflamasi. 

BACA JUGA: Selain Bantu Turunkan Tekanan darah, Ketahui Manfaat Lain Bunga Telang

  • Asam Amino

Bunga chamomile juga mengandung beberapa asam amino yang memiliki manfaat penting untuk kesehatan tubuh, meskipun dalam jumlah yang kecil.

  • Vitamin dan Mineral

Meskipun dalam jumlah yang kecil, bunga chamomile juga mengandung beberapa vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, magnesium, dan potasium.

Manfaat Kesehatan Bunga Chamomile

  • Mengatasi Kecemasan dan Stres

Jenis bunga ini telah lama digunakan sebagai obat herbal untuk mengurangi kecemasan, stres, dan gangguan tidur. Senyawa-senyawa aktif dalam chamomile bisa membantu menenangkan sistem saraf dan meningkatkan kualitas tidur.

  • Meredakan Gangguan Pencernaan

Chamomile memiliki sifat antispasmodik yang membantu meredakan kram perut, gas, dan masalah pencernaan lainnya. Minum teh chamomile secara teratur bisa membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.

  • Mengurangi Nyeri Menstruasi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum teh chamomile bisa membantu mengurangi gejala nyeri menstruasi dan kram perut yang terkait dengan siklus menstruasi. 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan