Wow! The Tortured Poets Department Album Terbaru Taylor Swift Tembus 1,4 Juta Penjualan di Hari Pertama

JABAR EKSPRES – Taylor Swift mencatat prestasi luar biasa dengan perilisan album terbarunya, The Tortured Poets Department (TTPD), yang mencapai angka penjualan fenomenal di Amerika Serikat hanya dalam waktu satu hari setelah rilis pada 19 April 2024.

Menurut laporan dari Billboard pada hari Sabtu (20/4), data dari Luminate menunjukkan bahwa penjualan album TTPD dalam format tradisional seperti CD, kaset, vinyl, dan unduhan digital mencapai 1,4 juta unit, mencatatkan rekor sebagai penjualan terbesar dalam sejarah musik di Amerika Serikat.

Selain itu, semua 31 lagu yang terdapat dalam album TTPD berhasil mengumpulkan 243,4 juta streaming audio on-demand di Amerika Serikat pada hari perilisan. Lagu pembuka album, “Fortnight,” yang merupakan duet dengan Post Malone, mendominasi dengan 18,4 juta stream, menjadi yang terbanyak.

BACA JUGA : Belum Nonton? Cek Jadwal Film Badarawuhi di Desa Penari di Bioskop Bandung

Prestasi streaming TTPD ini melampaui dua kali lipat dari jumlah yang pernah dicapai oleh album sebelumnya, “1989 (Taylor’s Version),” yang hanya mencatatkan 110 juta streaming di hari pertama perilisan.

Secara keseluruhan, dengan menggabungkan penjualan fisik, streaming, dan pemutaran audio, TTPD berhasil terjual sebanyak 1,6 juta unit setara album di Amerika Serikat hanya dalam satu hari.

Dengan pencapaian tersebut, TTPD dipastikan akan melampaui rekor penjualan minggu pertama album sebelumnya, “1989 (Taylor’s Version),” yang mencatatkan 1,653 juta unit setara album.

Menurut Billboard, detail lebih lanjut mengenai angka penjualan album dan aktivitas streaming akan diumumkan dalam beberapa hari mendatang.

Keberhasilan ini datang setelah album sebelumnya Taylor Swift, The Tortured Poets Department, mencatat sejarah baru di dua platform streaming utama, Spotify dan Apple Music.

Album kesebelas dari Swift ini menjadi yang pertama dan satu-satunya dalam sejarah Spotify yang mencatat debut dengan lebih dari 300 juta streaming dalam satu hari, serta mencatatkan pencapaian terbesar dalam sejarah Apple Music.

Pihak Spotify menunjukkan kegembiraannya melalui sebuah kicauan pada Sabtu (20/4) malam, menyatakan, “Sejarah sudah tercipta! Pada 19 April 2024, The Tortured Poets Department milik Taylor Swift menjadi album pertama dalam sejarah Spotify yang mencapai lebih dari 300 juta streaming dalam satu hari.”

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan