Akses Menuju Stasiun Tegalluar Rusak Parah, Bey Machmudin Minta Pemkab Bandung Lakukan Perbaikan

JABAR EKSPRES –  Kondisi jalan menuju Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Tegalluar dikabarkan mengalami kerusakan yang cukup parah. Bahkan, berdasarkan Informasi yang didapat, jalan yang saat ini telah menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung itu sudah tidak layak lagi untuk dilalui oleh kendaraan.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Triadi Machmudin mengaku, Pemerintah Provinsi (Pemprov) telah meminta Pemkab Bandung untuk segera melakukan perbaikan.

“Kami beri waktu satu minggu untuk bagaimana langkahnya karena kita sudah menghadirkan KCIC, masa kita biarkan untuk aksesnya. Jadi kami akan koordinasikan (bersama Pemkab Bandung) untuk segera ada langkah perbaikan,” ujarnya, Jum’at (19/4).

Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Herman Suryatman menambahkan bahwa pihaknya telah menugaskan Dinas Bina Marga atau DBMPR Provinsi untuk segera melakukan pengecekan terhadap akses jalan tersebut.

“Karena kami juga konsen bukan hanya jalan provinsi, tapi juga di Kabuoaten/kota. Saya sudah tugaskan DBMPR karena saya mendapat Informasi dari Pak Gubernur untuk mengecek jalan perlintasan menuju Tegalluar di Kabupaten Bandung,” ucapnya.

Herma mengaku, Kepala DBMPR Jabar yakni Bambang Tirtoyuliono juga, saat ini telah berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga Kabupaten Bandung untuk segera menentukan langkah perbaikan.

“Mudah-mudahan minggu ini (sesuai permintaan Pak Gubernur)bisa segera di eksekusi. Sehingga jalan yang notabenenya sangat dibutuhkan oleh masyarakat, bisa dimanfaatkan dengan baik,” katanya.

“Jadi meskipun ini (akses jalan) kewenangannya ada di kabupaten, tapi kita akan dorong agar ini secepatnya di selesaikan. Pak gub sudah memberikan arahan, kalau dalam satu minggu tidak ada tindak lanjut, maka kami akan ambil alih, provinsi akan membantu nanti,” imbuhnya.

Sebelumnya, kondisi jalan yang menjadi akses menuju Stasiun Tegalluar, Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) atau akrab disebut Whoosh, masih perlu perbaikan sebab rusak cukup parah.

Diketahui, akses jalan tersebut berada tepat ketika keluar Stasiun Tegalluar di wilayah Desa Cibiru Hilir, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Kepala Desa (Kades) Cibiru Hilir, Dadang Salahudin ketika dikonfirmasi membenarkan rusaknya jalan di wilayahnya yang berlokasi di Cimencrang dan Babakan Sayang.

Writer: Sandi Nugraha

Tinggalkan Balasan