Rekrutmen Bersama BUMN 2024 Dibuka 23 Maret untuk 1.830 Posisi

JABAR EKSPRES – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bekerjasama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) mengumumkan penerimaan Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) yang akan dibuka pada tanggal 23 Maret 2024.

Menurut Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM), Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bhatara, program Rekrutmen bersama BUMN telah diadakan beberapa kali selama tiga tahun terakhir dan mendapat tanggapan yang sangat positif.

“Kami melihat pertumbuhan yang signifikan dalam bisnis BUMN, dan kami membutuhkan penambahan SDM untuk mendukung program dan rencana kerja BUMN,” kata Tedi, sebagaimana mengutip dari ANTARA.

Tedi juga menyatakan bahwa Kementerian BUMN terus meningkatkan standar dalam pencarian bakat baru.

BACA JUGA: Rekrutmen Bersama BUMN 2024 Dibuka Maret, Catat Syarat dan Jadwalnya!

Untuk tahun ini, tes seleksi akan mencakup penambahan tes wawasan kebangsaan dan kemampuan belajar (learning agility) pada tahap awal.

“Kandidat BUMN harus memiliki wawasan kebangsaan dan karakter, maka tes tersebut dilakukan pada tahap awal seleksi. Ini merupakan implementasi dari nilai-nilai inti AKHLAK,” jelas Tedi.

Ketua Umum FHCI, Alexandra Askandar, menekankan bahwa pihaknya telah melakukan penyempurnaan dari proses pendaftaran, seleksi, hingga pengumuman akhir.

Selain itu, proses rekrutmen dilakukan secara transparan untuk mencegah adanya kecurangan.

Sebanyak 110 BUMN terlibat dalam program rekrutmen bersama BUMN, yang menawarkan total 688 lapangan pekerjaan di seluruh Indonesia dengan 1.830 posisi pekerjaan yang berbeda.

Tahun ini, kesempatan untuk bergabung dengan BUMN semakin terbuka lebar dengan menjangkau berbagai entitas, serta jenjang pendidikan yang semakin beragam mulai dari SMA/sederajat, D3, S1 hingga S2 dengan rentang usia hingga 35 tahun.

“Kami berkomitmen untuk memberikan kesempatan yang sama bagi semua individu, termasuk mereka dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman yang berbeda,” ujar Alexandra.

Program RBB 2024 juga memberikan peluang bagi penyandang disabilitas, dengan menyelenggarakan mekanisme rekrutmen terpisah untuk memastikan kenyamanan mereka selama proses seleksi.

BACA JUGA: Kartu Prakerja Gelombang 65 Dibuka Hari ini, Jika Lolos Dapat Insentif Rp700 Ribu

Pendaftaran RBB 2024 akan dibuka selama 10 hari dan ditutup pada tanggal 1 April 2024.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan