Tingkat Kemiskinan di Kota Cimahi Masih Tinggi

JABAR EKSPRES – Jumlah kemiskinan di Kota Cimahi tetap berada pada tingkat yang cukup tinggi. Laju penurunan di wilayah Cimahi tidak secepat di wilayah Kabupaten/Kota lainnya. Pada tahun 2022, peringkat kedua masih dipegang oleh Kabupaten Bogor di atas wilayah kita.

“Memang sekarang Cimahi tertinggi se Jabar, sebenarnya turun dari tahun kemarin persentase kita tahun kemarin 10.77% tahun ini 10.52%, dari sisi jumlah juga turun,” ucap Fungsi Statistik Muda BPS Kota Cimahi, Dibya Wiryawan di Jabar Ekspres, Kamis 7 Maret 2024.

Dibya mengatakan, salah satu kendala utama di kota Cimahi adalah tingginya tingkat kemiskinan, yang salah satunya disebabkan oleh banyaknya pendatang dari luar kota.

BACA JUGA: Cuci Karpet Masjid di DAS, Tradisi Warga Ciwidey Jelang Ramadan 2024

“Jadi konsepnya beda jadi kan pemerintah daerah itu inginnya yang ber KTP Cimahi kalau kita BPS itu tidak melihat mereka ber KTP Cimahi,” ungkap Dibya.

Dibya menjelaskan bahwa menurut aturan pemerintah, setiap penduduk yang tinggal di Cimahi diwajibkan untuk didata sebagai warga negara. “Jadi kalau dia tinggal di Cimahi kita pandang dia menggunakan fasilitas di Cimahi, baik pendidikan, kesehatan, dan sebagainya meskipun pendatang, jadi tetap kita hitung dia meski tidak punya KTP Cimahi,” ungkapnya.

Menurut survei tahun 2022, Cimahi menempati peringkat keempat dalam migrasi penduduk tertinggi di Jawa Barat. Masalah ketenagakerjaan perlu ditinjau ulang, termasuk ketersediaan lapangan kerja di daerah tersebut.

“Namun secara konsep ketenagakerjaan sudah mudah selama dia punya aktivitas dan menghasilkan ekonomi itu dianggap bekerja meskipun serabutan,” jelasnya.

“Sebenarnya secara jumlah di Kota Cimahi jumlah penurunan curah hujan itu turun, namun turunnya tidak cepat Kabupaten/Kota lain dari 34 ribu menjadi 33 ribu,” tambah Dibya.

Baru-baru ini, Kepala Bidang Tenaga Kerja Kota Cimahi Teja Dahliawati, mengatakan, upaya penyediaan lapangan pekerjaan bertujuan untuk mengurangi tingkat kemiskinan yang masih cukup tinggi di Kota Cimahi.

“Pemerintah Kota berusaha meningkatkan kesempatan kerja bagi masyarakat serta calon tenaga kerja dengan menyelenggarakan bursa kerja. Dengan tujuan utama memfasilitasi pencari kerja agar dapat menemukan pekerjaan sesuai dengan kualifikasi mereka, langkah ini juga diharapkan dapat mengurangi tingkat kemiskinan di Kota Cimahi,” ungkapnya.

Writer: Firman Satria

Tinggalkan Balasan