Makna Dibalik Berbagai Simbol Perayaan Imlek Tahun Baru China

JABAR EKSPRES – Tahun Baru China atau Imlek yang tahun ini dirayakan pada 10 Februari 2024, masih menyisakan beberapa rangkain acara lainnya. Banyak simbol yang bisa ditemukan dalam perayaan imlek, dan ternyata memiliki makna terpendam didalamnya.

Perayaan imlek yang merupakan tradisi turun temurun dari masyarakat etnis Tionghoa ini kaya akan simbolisme yang memiliki makna.

Dalam setiap aspeknya, perayaan imlek sarat akan simbol dari budaya Tionghoa yang berhasil dilestarikan secara turun temurun.

Baca juga : Daftar Makanan Khas yang Selalu Ada Saat Perayaan Imlek

Berikut adalah beberapa simbol dan makna di balik perayaan Imlek, yang perlu kita ketahui.

1. Warna Merah

Warna merah dianggap membawa keberuntungan, kebahagiaan, dan kemakmuran dalam budaya Tionghoa.

Selama perayaan Imlek, warna merah mendominasi dekorasi, pakaian, dan aksesori sebagai simbol untuk mengusir roh jahat dan membawa keberuntungan bagi tahun yang baru.

2. Angpao (Amplop Merah Berisi Uang Tunai)

Angpao adalah hadiah uang tunai yang diberikan kepada anggota keluarga, teman, atau kolega sebagai tanda keberuntungan, kemakmuran, dan kasih sayang.

Pemberian angpao juga merupakan simbol dari rasa hormat dan perhatian terhadap orang lain.

3. Naga dan Singa

Dalam budaya Tionghoa, naga dianggap sebagai makhluk mitologis yang penuh dengan kekuatan, keberuntungan, dan kekuasaan.

Pawai naga selama perayaan Imlek melambangkan harapan akan kemakmuran, keberuntungan, dan perlindungan. Sementara itu, singa dianggap sebagai penjaga keberuntungan dan juga terlihat dalam pawai dan pertunjukan seni.

4. Kembang Api

Penggunaan kembang api dalam perayaan Imlek memiliki makna simbolis untuk mengusir roh jahat, membawa keberuntungan, dan menghormati leluhur.

Suara keras dari kembang api juga diyakini dapat mengusir makhluk jahat dan membawa keberuntungan untuk tahun yang baru.

Baca juga : Keunikan Tradisi Imlek atau Tahun Baru China yang Tidak Banyak Diketahui

5. Jiaozi (Dumpling)

Jiaozi, atau dumpling, memiliki bentuk yang menyerupai kantong emas kuno yang digunakan sebagai alat tukar dalam budaya Tionghoa.

Makan jiaozi selama perayaan Imlek melambangkan harapan akan kekayaan, kemakmuran, dan kesuksesan dalam kehidupan.

6. Nian Gao (Kue Tahun Baru)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan