Daftar Makanan Khas yang Selalu Ada Saat Perayaan Imlek

JABAR EKSPRES – Mendekati perayaan imlek atau Tahun baru China, kemeriahan sudah mulai terasa. Banyak aksesoris dan perlengkapan imlek yang mulai dipajang untuk menambah semarak. Demikian juga hidangannya, ada beberapa makanan khas yang selalu ada saat perayaan Imlek.

Ada banyak makanan khas yang disajikan selama perayaan Imlek, dan setiap hidangan memiliki makna simbolis yang dalam dalam budaya Tionghoa.

Baca juga : Keunikan Tradisi Imlek atau Tahun Baru China yang Tidak Banyak Diketahui

Masing-masing makanan memiliki rasa yang khas, dan tentunya simbol unik dari setiap makanan melambangkan suatu hal yang menjadi tradisi yang masih dipegang teguh hingga saat ini.

Berikut beberapa contoh makanan khas perayaan Imlek beserta penjelasan makna simbolisnya:

1. Jiaozi (Dumpling)

Jiaozi melambangkan kekayaan dan kemakmuran, karena bentuknya menyerupai kantong emas kuno yang digunakan sebagai alat tukar.

Selain itu, dalam bahasa Tionghoa, kata “jiaozi” memiliki arti “berkumpul bersama” atau “bersatu”, sehingga makan jiaozi juga melambangkan kebersamaan dan hubungan keluarga yang erat.

2. Nian Gao (Kue Tahun Baru)

Nian Gao merupakan kue lengket yang terbuat dari tepung ketan yang dilambangkan dengan kemakmuran dan kenaikan dalam setiap aspek kehidupan.

Kata “nian” dalam bahasa Tionghoa berarti “tahun”, sedangkan “gao” dapat berarti “tinggi” atau “naik”. Oleh karena itu, makan Nian Gao diharapkan membawa kemakmuran dan kenaikan dalam usaha atau keberuntungan pada tahun yang baru.

3. Yusheng (Salad Yee Sang)

Yusheng adalah hidangan salad khas Tionghoa yang terdiri dari berbagai bahan seperti sayuran, ikan, kerupuk, dan bahan lainnya yang dihancurkan dan dicampur bersama.

Tradisi mencampur dan mencicipi Yusheng bersama-sama dianggap membawa keberuntungan dan kesuksesan.

Beberapa bahan dalam Yusheng juga memiliki makna simbolis, misalnya ikan salmon yang melambangkan kemakmuran, dan kerupuk yang melambangkan keberuntungan dan kekayaan.

Baca juga : Apa Arti Tahun Naga Kayu? Simak Ramalan Shio Tahun Baru Imlek 2024

4. Tangyuan (Bola Beras Klepon)

Tangyuan adalah bola-bola kecil yang terbuat dari tepung beras yang dimasak dalam air gula.
Makan Tangyuan di malam hari pertama Tahun Baru Luna diharapkan membawa keluarga bersama-sama dan keselarasan dalam hubungan keluarga.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan