10 Cara Atasi Overthinking dan Gangguan Kecemasan Sekaligus, Dijamin Lebih Tenang dan Damai

JABAR EKSPRES – Mengalami kondisi gangguan kecemasan dan overthinking kadang tidak disadari oleh penderitannya sebagai satu hal yang serius. Karenanya butuh cara ampuh untuk atasi overthinking dan gangguan kecemasan ini.

Ada 10 cara ampuh yang bisa atasi masalah overthinking dan gangguan kecemasan ini, jika melakukan langkah-langkahnya dnegan bernar, maka kita akan bisa hirup lebih tenanng dan damai.

Kondisi tersebut termasuk kedalam salah satu kategori gangguan mental, karenanya harus segera diatasi. Jika tidak, maka bisa mengganggu aktifitas harian, bahkan bisa berakibat fatal jika kondisi ini semakin parah.

Baca juga : Overthinking Itu Gak Baik! Ini Dia Solusinya

Sebelum mencari bantuan dari tenaga profesional, kita masih bisa melakukan beberapa hal untuk mengurangi gejala tersebut.

Berikut 10 cara yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah untuk mengatasi over Thinking dan gangguan kecemasan.

1. Teknik Relaksasi

Cobalah teknik relaksasi seperti pernapasan dalam-dalam, meditasi, atau yoga untuk meredakan kecemasan dan menenangkan pikiran.

2. Olahraga dan Aktivitas Fisik

Melakukan olahraga ringan atau aktivitas fisik seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berenang dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati.

3. Mengatur Pola Tidur

Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup setiap malam karena kurang tidur dapat memperburuk kecemasan. Cobalah untuk menjaga rutinitas tidur yang teratur.

4. Hindari Stimulan

Hindari konsumsi kafein, alkohol, dan rokok, karena stimulan tersebut dapat meningkatkan gejala kecemasan.

5. Pola Makan Sehat

Makan makanan sehat dan seimbang, hindari makanan yang dapat memicu kecemasan seperti makanan berlemak dan berat.

6. Menulis Jurnal

Menulis jurnal dapat membantu Anda mengidentifikasi pola pikiran dan perasaan yang memicu kecemasan, serta memberikan wadah untuk mengekspresikan emosi.

Baca juga : 4 Cara Tidur Nyenyak, Untuk yang Overthinking di Malam Hari!

7. Mengatur Waktu untuk Kecemasan

Tentukan waktu khusus dalam sehari untuk merenungkan kecemasan Anda, dan kemudian berusaha untuk membiarkannya pergi di luar waktu itu.

8. Menghubungkan Diri dengan Orang Lain

Berbicara dengan teman atau anggota keluarga yang dipercaya tentang perasaan Anda dapat memberikan dukungan emosional dan perspektif yang positif.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan