Soal Dilaporkannya ke Bawaslu karena Diduga Langgar Aturan Kampanye, Begini kata Ridwan Kamil

JABAR EKSPRES – Ketua Tim Kampanye Daerah Jawa Barat (TKD Jabar) Pasangan Calon (Paslon) Presiden 2024 nomor urut 2 Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka, Ridwan Kamil mengaku tidak melanggar aturan kampanye saat hadir di acara Jambore BPD, di Tasikmalaya, pada beberapa waktu lalu.

Mantan Gubernur Jabar Periode 2018 – 2019 itu menyebut, saat hadir di acara BPD di Tasikmalaya tersebut, hanya sebagai tamu undangan untuk memaparkan visi-misi desa dari paslon Presiden 2024 nomor urut 2 Prabowo – Gibran.

“Saya hadir di acara Jambore Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tasikmalaya dalam kapasitas sebagai undangan untuk memaparkan visi misi desa dari paslon 02, sebagai ketua TKD (Tim Kampanye Daerah), ya saya paparkan lah,” katanya lewat akun sosial media pribadinya, dikutip Sabtu (20/1).

BACA JUGA: Dugaan Langgar Aturan Kampanye Ridwan Kamil Dilaporkan ke Bawaslu, Sekjen Golkar: Biarkan ini Berjalan

Emil sapaan akrabnya juga menambhakan, dirinya menghadiri acara tersebut atas dasar undangan dari pengurus Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABDESI).

“Ini perlemen desa. Golongan dari tokoh-tokoh politik desa. Bukan aparat atau ASN (Aparatur Sipil Negara) desa,” ungkapnya

Bahkan dalam acara tersebut juga, Ia mengatakan tidak ada bagi-bagi uang yang sifatnya money politik.

“Tidak ada bagi-bagi money (uang) politik. Haram hukumnya. Yang ada adalah pembagian hadiah bagi lomba joget gemoy, yang dibagikan hadiahnya dari atas panggung,” imbuhnya

Sebelumnya, Sekretaris Jendral (Sekjen) Partai Golkar, Letnan Jenderal TNI (Purn.) Lodewijk Freidrich Paulus, angkat bicara soal dilaporkannya Ridwan Kamil ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) oleh DPD PDIP Jabar akibat diduga melakukan pelanggaran aturan kampanye dengan mengajak para aparatur desa agar memilih pasangan calon (paslon) presiden nomor urut 2 saat berkunjung ke acara Jambore BPD, di Tasikmalaya, pada beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Tanggapi Debat Capres ke-3, Ridwan Kamil: Banyak Tanda Kutip

Lodewijk mengugkapkan, proses tersebut biarkan tetap berjalan, meski begitu ia tetap berharap tidak menurunkan semangat partai Golkat dan Ridwan Kamil dalam mengkampanyekan paslon Presiden 2024 nomot urut 2 Prabowo – Gibran

“Jadi biarkan proses ini berjalan. Tapi saya harap tidak menurunkan semangat partai Golkar maupun Pak Ridwan Kamil untuk terus mengampanyekan Prabowo-Gibran dan Partai Golkar lainya,” katanya saat ditemui di Jl. Sudirman, Kota Bandung, Jum’at (19/1) kemarin. (San).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan