Viral, Oknum Komplotan Fotografer Jalanan Diduga Aniaya Wisatawan di Asia Afrika Bandung

JABAR EKSPRES  – Viral, Salah seorang wisatawan di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung dianiaya oleh kelompok fotografer jalanan. Video yang tersebar di platform media sosial Instagram, terlihat kelompok yang diduga sebagai fotografer jalanan ini, melakukan tindakan kekerasan pada korban.

Menanggapi itu, Kapolsek Sumur Bandung, Kompol Siswo Tarigan mengaku langsung melakukan pengecekan ke lokasi kejadian, dan berhasil mengamankan sejumlah orang yang diduga terlibat dalam aksi penganiayaan wisatawan di Jalan Asia Afrika Bandung.

“Untuk kejadian diketahui Selasa 16 Januari 2024 sekitar pukul 02.00 Wib (dini hari) di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung. Setelah kejadian, kita dapat laporan, kemudian anggota melakukan cek lokasi, dam didapati lah para pihak (yang diduga melakukan penganiayaan), dan para pihak ini sempat kami amankan di Polsek Sumur Bandung,” ucapnya saat dikonfimasi, Jum’at (19/1).

Berdasarkan hasil pemeriksaannya, Siswo menjelaskan bahwa kejadian tersebut diawali oleh adanya salah seorang fotografer jalanan yang mem foto tanpa seizin korban.

“Mungkin pengunjung ini (korban) keberatan, akhirnya pengunjung ini tidak terima, terjadi lah cekcok dengan salah satu juru foto (fotografer jalanan). Jadi si juru foto ini dicekik dan didorong ke tembok oleh pengunjung, teman-teman juru foto yang lain langsung lah melakukan penganiayaan terhadap pengunjung tersebut,” ungkapnya

Meski begitu, Siswo menuturkan kedua belah pihak saat ini telah berdamai setelah dilakukan proses lebih lanjut oleh pihak kepolisian. ” kami lakukan penyelidikan dan pendalaman di Polsek, para pihak (korban dan pelaku) menyadari kesalahannya, akhirnya mereka bersepakat damai,” ucapnya

Maka agar kejadian tersebut tidak terulang lagi, Siswo mengimbau agar masyarakat khusunya wisatawan di Jalan Asia Afrika, untuk langsung melaporkan jika mengalami atau melihat tindakan kriminalitas.

“Jadi jika memang ada tindakan kriminalitas yang dialami oleh masyarakat ya segera melaporkan ke kepolisian. Ada call center 110. Dan kalau ada keluhan terkait perlakuan oknum juru foto, tentunya kami akan berkolaborasi dengan stakeholder terkait untuk keamanan dan kenyamanan wisata di Jalan Asia Afrika,” pungkasnya. (San).

Writer: Sandi Nugraha

Tinggalkan Balasan