Sorlip 5 Jenis Surat Suara Pemilu di KBB Rampung

JABAR EKSPRES – Sebanyak 5 jenis suara untuk kebutuhan Pemilu 2024 di Kabupaten Bandung Barat (KBB) rampung dalam proses sortir lipat (Sorlip) di Gudang Logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kecamatan Padalarang, pada Selasa, 16 Januari 2024.

Ketua KPU KBB, Ripqi Ahmad Sulaeman mengatakan, proses sortir dan pelipatan surat suara tersebut melibatkan 850 orang yang diawasi ketat oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) KBB.

“Langsung kita lakukan penutupan tahapan proses sorlip surat suara. Selain itu, kita juga melakukan doa bersama,” ujar Ripqi saat ditemui di Gudang Logistik, Kampung Cibingbin RT 05 RW 04 Desa Laksanamekar, Kecamatan Padalarang.

BACA JUGA: 2 Hari Jelang Sorlip Berakhir, Ini Tanggapan Pj Wali Kota Bandung

Dia menjelaskan, dalam proses sorlip, dari 5 jenis surat suara, sebanyak 2.000 surat suara mengalami kerusakan. Kerusakan surat suara yang ditemukan pada saat sorlip cukup beragam, mulai dari sobek hingga ada degradasi warna.

“Jika dipersentasekan, jumlah surat suara yang rusak angkanya di bawah 0,5 persen, dan surat suara yang rusak nanti kita sampaikan ke provinsi,” katanya.

“Ada yang sobek, sebetulnya kalau sobek tidak seberapa. Tapi yang banyak itu degradasi warna ada perubahan warna tanda jenis pemilihan,” tambahnya.

Meski demikian, lanjut Ripqi, pihaknya bakal berkoordinasi dengan KPU Provinsi Jawa Barat terkait surat suara yang rusak atau yang terdapat degradasi warna untuk memastikan apakah surat suara tersebut bisa disortir kembali.

BACA JUGA: SD di Cihanjuang KBB Terpasang APK, Pihak Sekolah: Kita Tidak Tahu!

“Kalau misalkan masih ada yang dipakai kembali akan kita lipat lagi. Sehingga, angka surat suara yang rusak bisa lebih mengerucut lebih kecil lagi,” paparnya.

Selain itu, ia pun mengimbau ke seluruh masyarakat di KBB agar tetap menjaga situasi kamtibmas terutama dalam masa kampanye yang dimulai sejak 28 Januari hingga 10 Februari 2024.

Masyarakat juga diharapkan mulai mengenali setiap calon anggota legislatif ketika masa kampanye, sehingga penyaluran hak suara dapat dilakukan sesuai dengan hati nurani masing-masing pemilih.

“Mari kita semua jaga situasi kamtibmas KBB yang kondusif supaya Pemilu 2024 berjalan aman, lancar, dan tertib,” tandasnya. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan