KA Pandalungan Anjlok, 933 Penumpang Batalkan Tiket

JABAR EKPSRES – Pasca peristiwa anjloknya kereta api Pandalungan di Stasiun Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur pada Minggu (14/1/2024), PT KAI Daerah Operasional (Daop) 8 Surabaya memberikan kompensasi kepada penumpang yang terdampak. Kompensasi tersebut berupa perbaikan layanan sesuai aturan yang berlaku. Hal ini dilakukan karena proses evakuasi dan perbaikan jalur kereta api di Stasiun Tanggulangin masih berlangsung.

Luqman Arif, Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya dalam keterangannya mengungkapkan bahwa service recovery yang diberikan yakni mulai dari pemberian makanan ringan dan minuman, pembatalan tiket 100 persen di luar bea pesan hingga H+7, serta pengalihan perjalanan pelanggan menggunakan moda transportasi bus atau KA yang lainnya.

BACA JUGA: Imbas Kecelakaan Kereta Api di Cicalengka, Daop Surabaya Alihkan Jalur Operasi 2 KA

“Para calon pelanggan yang mengalami dampak gangguan operasional telah diberitahukan adanya perubahan pola operasi tersebut melalui whatsapp blast,” ungkapnya, dikutip dari ANTARA.

Ia mengatakan bahwa hingga pada pukul 17.00 WIB telah tercatat ada 933 yang melakukan pembatalan tiket perjalanan.

“Dengan rincian pembatalan tiket dari Stasiun Bangil 28 pelanggan, Stasiun Malang 126 pelanggan, Stasiun Mojokerto 76 pelanggan, Stasiun Surabaya Pasar Turi 34 pelanggan, Stasiun Sidoarjo 154 pelanggan, Stasiun Gubeng 394 pelanggan, dan Stasiun Wonokromo 121 pelanggan,” jelas Luqman, dikutip dari ANTARA.

Luqman juga menambahkan bahwa KAI Daop 8 Surabaya hingga saat ini masih memberlakukan perubahan pola operasi bagi KA dengan jarak jauh tujuan Surabaya dan Bangil.

Adapun KA yang memutar dari Stasiun Bangil lewat Malang dan Kertosono, diantaranya yakni KA Ranggajati (155) relasi Jember – Surabaya Gubeng – Cirebon, KA (211) relasi Jember – Surabaya Gubeng – Purwokerto dan KA Sritanjung (241) relasi Ketapang – Surabaya Gubeng – Lempuyangan.

Lalu, KA Jayabaya (107) relasi Malang – Surabaya Gubeng – Pasar Turi – Pasar Senen, KA Wijaya Kusuma (77f) relasi Jember – Surabaya Gubeng – Pasar Turi – Gambir.

BACA JUGA: Akibat Tabrakan Dua Kereta Api di Cicalengka, Tubuh Masinis KA Turangga Terjepit Gerbong

“Pelanggan dengan tujuan Surabaya nantinya akan diantar menggunakan bus sebagai pengganti hingga tujuan,” ungkapnya dikutip dari ANTARA

Sebelumnya pihak Daop 8 Surabaya telah membenarkan serta menyampaikan permohonan maaf atas peristiwa anjloknya KA Pandalungan relasi Gambir – Surabaya – Jember di emplasemen Stasiun Tanggulangin pada Minggu pukul 07.57 WIB

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan