Jadwal Puasa Rajab Lengkap Beserta Niatnya, Simak Dasar Pelaksanaannya di Sini

JABAREKSPRES – Memasuki bulan Rajab dalam penanggalan hijriah, seakan menjadi sebuah pertanda bahwa sebentar lagi akan menginjak bulan puasa Ramadhan. Sebagaimana ada anjuran untuk melakukan puasa wajib di bulan Ramadhan, di bulan Rajab juga ada anjuran untuk menjalankan puasa sunah. Berikut jadwal puasa Rajab beserta bacaan niatnya.

Ada beberapa bulan yang dimuliakan atau sering juga disebut sebagai bulan Harom, salah satunya adalah bulan Rajab. Untuk tahun 2023 ini, Bulan Rajab jatuh pada tanggal 23 Januari 2023, atau 1 Rajab 1444 hijriah.

Dimana bila kita melakukan ibadah dibulan-bulan tersebut maka pahala kita akan dilipat gandakan. Salah satu ibadah yang banyak dilakukan saat bulan Rajab adalah puasa yang dilakukan selama 10 hari diawal bulan.

Anjuran untuk melakukan Puasa sunah ini berdasarkan pada sabda Rasulullah SAW yang tertuang dalam hadist yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, yakni Hadist no. 2428.

“Berpuasalah pada bulan-bulan haram.” Salah satunya bulan Rajab.

Selain itu, ada Tabiin Said bin Jubair yang pernah ditanya, apakah Rasulullah SAW berpuasa di bulan Rajab, beliau menjawab:

كَانَ يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ لاَ يُفْطِرُ وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ لاَ يَصُومُ

Rasulullah  berpuasa (berturut-turut) hingga kami menduga beliau selalu berpuasa, dan beliau tidak puasa (berturut-turut) sampai kami menduga beliau  tidak puasa (HR. Muslim no. 1157).

Sementara melakukan puasa Rajab selama 10 hari diawal bulan, banyak dikerjakan berdasarkan ajaran dari almarhum Kiai Maimoen Zubair.

“Dalam bulan Rajab hendaknya kita melaksanakan puasa Rajab. Puasa Rajab itu bagusnya dilakukan mulai tanggal satu hingga tanggal 10” jelas almarhum Kiai Maimoen Zubair di akun YouTube ppalanwarsarang.

Namun masih ada penjelasan tambahan, bila tidak kuat mengerjakan Puasa  selama 10 hari, maka cukup dua hari saja.

“Jika tidak kuat, puasalah hanya tanggal 10. Jika kuatnya dua hari, puasa tanggal 1 dan 10. Ini bagus. Bulan Rajab kita puasai,” tambahnya.

untuk menjalankannya, sebaiknya diawali dengan niat, adapun bacaannya adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma hazal yaumi ‘an ada-i sunnati rojaba lillahi ta‘ala.

Artinya:

“Aku berniat puasa sunah Rajab hari ini karena Allah Ta’ala.”

Untuk mempermudah mengingat kapan seharusnya dilaksanakan puasa Rajab, berikut jadwal

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan