Hutang Warga Terjerat Pinjol Tembus Rp1,3 Triliun, DPRD Kota Bandung Berikan Saran

JABAR EKSPRES – Dilansir dari laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), warga Jawa Barat yang terjerat hutang pinjaman online (Pinjol) tembus di angka Rp13,8 triliun. Terdapat kecenderungan angka tersebut mayoritas peminjam berasal dari masyarakat Kota Bandung yang diprediksi menyentuh angka Rp1,3 triliun.

Menurut Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung, Tedy Rusmawan menuturkan, hal itu mengacu pada banyaknya keluhan masyarakat yang kesulitan terkait pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Maka dari itu, banyak warga yang akhirnya memilih pinjol agar mendapatkan dana secara instan.

“Masyarakat jadi korban biasanya berada kawasan miskin. Dari data OJK warga Jabar pinjam ke pinjol sampai Rp13,8 triliun. Dari angka itu kemungkinan besar ada Rp1.3 triliun sendiri di Kota Bandung,” kata Tedy beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Belum Usai Masalah Sampah, Kini Ada Persoalan Baru di Pasar Sehat Cileunyi

Tedy meminta agar masyarakat bisa selektif dalam mencari dana instan yang diperuntukan bagi kegiatan sehari-hari. Dirinya menyarankan agar warga bisa beralih kepada koperasi yang telah diwadahi oleh Pemerintah Kota Bandung. Hal ini agar meminimalkan resiko jeratan pinjol yang telah dinaungi oleh Satgas Rentenir.

“Saya rasa Satgas Anti Rentenir ini bisa sangat membantu Pemkot Bandung. Satgas ini harus terus diperkuat supaya warga tidak terbebani hidupnya,” ujarnya.

“Saya berharap ke depan ada dukungan lebih kuat lagi secara regulasi maupun implementasi dari Pemerintah Kota Bandung sehingga masyarakat mendapat pelayanan semakin optimal,” tambahnya.

Di sisi lain, menurutnya, Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Bandung telah memberikan solusi untuk menaikan taraf ekonomi masyarakat, lewat aplikasi pencarian lowongan kerja.

BACA JUGA: Pemkab Bandung Minta para ASN dan OPD untuk Terus Tingkatkan Pelayanan Terbaik di Tahun 2024

Aplikasi Bandung Integrated Manpower Management Application (BIMMA) diharapkan Tedy, bisa memberikan informasi seputar lowongan kerja bagi masyarakat Kota Bandung.

“Informasi lowongan kerja ini penting, bagi mereka yang baru lulus. Alhamdulilah ada aplikasi New Bimma, silahkan download dan cek di aplikasi ini,” pungkasnya. (Dam)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan