Cetakan Surat Suara Satu Calon DPD RI Jabar No.19 Terbingkai Merah, Ini Faktanya

JABAR EKSPRES – Desain surat suara salah satu Calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) di Jawa Barat sempat dinilai ganjil. Ternyata itu sudah sesuai desain dan kesepakatan.

Keganjilan yang dimaksud terkait calon nomor urut 19 Biben Fikriana. Foto calon DPD RI yang berlatar belakang dosen, tenaga kesehatan (nakes) dan Mantan Pekerja Migran Indonesia (TKI) itu nampak seolah dibingkai warna merah.

Keganjilan itu bermula dari temuan Bawaslu Kota Cimahi. Kemudian Bawaslu Jabar melakukan penelusuran. Ternyata kejadian itu tidak hanya di Cimahi tapi seluruh Jabar.

BACA JUGA: Perjuangkan Nasib Nakes hingga Pekerja Migran, Biben Fikriana Daftar ke KPU Jalur DPD

“Seluruh Jabar memang seperti itu,” kata Kordiv SDM dan Organisasi Bawaslu Jabar Fereddy, Kamis (11/01).

Fereddy melanjutkan, dari hasil pendalaman yang dilakukan, foto calon dengan bingkai warna merah itu memang sudah sesuai dummy atau desain awal. Desain itu juga sudah kesepakatan bersama antara berbagai pihak. Termasuk calon DPDRI nya.

“Sudah sesuai dummy atau desain. Itu juga sudah ditanda tangani yang bersangkutan (calon DPDRI.red). Artinya bukan salah cetak,” cetusnya.

Ketua KPU Jabar Ummi Wahyuni juga mengungkapkan hal senada. Menurutnya, desain surat suara itu sudah sesuai dengan desain yang disepakati.

“Sudah melalui persetujuan calon juga,” jelasnya.

BACA JUGA: Biben Fikriana Calon DPD RI Kritisi Layanan Kesehatan yang Belum Optimal

Sementara itu Calon DPDRI Biben Fikriana mengungkapkan bahwa desain yang dimaksud memang sudah sesuai dengan apa yang dikehendakinya. Ia sengaja membuat/mendesign latar foto berwarna merah yang kemudian seakan membentuk bingkai, padahal itu merupakan bagian dari Foto sesuai ukuran yang di persyaratkan oleh KPU Jabar.

Terkait foto tersebut, pihaknya juga sudah berulang kali konsultasi dengan pihak KPU.

“Sebelum di upload ke SILON, sudah berkonsultasi dengan KPU dan sudah berpersetujuan KPU juga. Sebelum dicetak, desainnya kan juga sudah beredar. Dan sudah disepakati juga,” imbuhnya.

Jika berdasar desain surat suara calon DPDRI di Jabar memang sejumlah calon ada yang menambahkan berbagai atribut atau siasat dalam foto. Mula dari mengenakan songkok, topi capil sampai latar gunungan wayang.(son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan