10 Hidangan Natal yang Harus Kamu Coba dari Berbagai Penjuru Dunia!

JABAR EKSPRES – Setiap tahun, di berbagai penjuru dunia, tradisi Natal diwarnai oleh hidangan lezat yang menjadi pusat perayaan. Meskipun setiap negara memiliki ciri khasnya sendiri, satu hal yang tak terbantahkan adalah kegembiraan bersama keluarga sambil menikmati hidangan Natal. Mari kita jelajahi tradisi makan-makan Natal di beberapa negara yang menarik!

1. Prancis: Lobster, Ayam Jantan, dan Buche de Noel

Di Prancis, malam Natal dimulai dengan kumpul bersama pada pukul 08.00 waktu setempat. Hidangan pertama yang disantap adalah lobster disusul dengan krustasea matang yang dicampur mustard, kuning telur, dan brendi atau udang scampi. Ayam jantan juga menjadi hidangan utama, disajikan bersama kentang tumbuk dan chesnut yang ditumis dengan mentega dan ditaburi sage. Chesnut, menjadi makanan pokok yang tak tergantikan dalam hidangan Natal Prancis. Hidangan penutupnya adalah buche de Noel, semacam kue Natal versi Prancis, disertai dengan anggur atau wine terbaik.

Pada Hari Natal, orang Prancis melanjutkan tradisi makan siang dengan telur orak-arik, salmon asap, roti panggang, dan berbagai macam keju seperti Brie, Gruyere, dan Munster.

2. Italia: Pesta Tujuh Ikan dan Tortellini in Brodo

Seperti Prancis, Italia juga merayakan Natal pada malam sebelumnya. Mereka memulai dengan hidangan mewah seperti salmon asap dengan crostini mentega atau ikan kod asin asap. Hidangan selanjutnya adalah tortellini in brodo, pasta yang dimandikan kaldu ayam panas dan keju parmesan. Kalkun menjadi hidangan utama, tetapi yang paling terkenal adalah pesta tujuh ikan, tradisi kuliner khusus di wilayah Campania.

3. Inggris: Malam Natal yang Penuh Tradisi

Orang Inggris tidak mengadakan jamuan makan malam pada malam Natal. Sebaliknya, mereka memanfaatkan waktu tersebut untuk memasak bersama keluarga. Pagi hari Natal dimulai dengan sampanye dan sarapan salmon asap. Makan malamnya terdiri dari kalkun atau daging sapi panggang dengan berbagai makanan pendamping seperti wortel panggang, kacang polong mentega, dan kubis Brussel. Puding Natal menjadi hidangan penutup yang tak terhindarkan.

4. Yunani: Sosis Babi, Ayam Panggang, dan Anggur Merah

Orang Yunani merayakan Natal dengan santapan istimewa, termasuk sosis babi, kue madu dengan kenari atau almond, dan sup ayam dengan orzo. Ayam panggang yang diisi dengan chestnut atau hidangan daging babi panggang juga menjadi hidangan utama. Hidangan pendampingnya mencakup tumis sayuran liar, romaine parut halus dengan daun bawang dan keju feta, serta kentang lemon panggang. Makanan penutupnya ringan, seperti apel panggang dengan madu dan kenari atau yogurt Yunani yang diberi madu.

Tinggalkan Balasan