3 Bentuk Syukur yang Sebaiknya Dilakukan Manusia agar Nikmat Semakin Bertambah

JABAR EKSPRES – Menyukuri nikmat yang Allah berikan merupakan sebuah kewajiban bagi manusia. Karena Nikmat dari Allah sudah tak terhitung jumlahnya. Ada beberapa bentuk cara bersyukur yang bisa dilakukan manusia.

Pentingnya bersyukur atas nikmat yang Allah berikan, akan memberikan banyak dampak positif bagi kehidupan manusia. Karena dengan bersyukur, Allah berjanji akan menambahkan nikmat untuk kita.

Dengan bersyukur pula kita akan lebih bisa ikhlas dengan semua ketentuan yang Allah berikan, baik berupa takdir baik atau yang menurut manusia kurang baik.

Baca juga : Kenapa Kita Harus Bersyukur? Simak Penjelasanya Disini

Berikut beberapa bentuk syukur yang bisa dilakukan dengan 3 cara, dilansir dari tulisan Ustadz Kholid Syamhudi, yakni:

1. Bersyukur dengan lisan

Orang yang bersyukur senantiasa akan memuji Tuhannya, mengucapkan hamdalah jika mendapat nikmat, beristighfar jika melakukan kesalahan, mengucapkan subhanallah jika melihat ciptaan-Nya, menasehati saudaranya yang salah.

Sehingga bentuk syukur dengan lisan adalah dengan memuji sang pemberi Nikmat yaitu Allah, karena semua nikmat datangnya dari Allah.

2. Bersyukur dengan hati

Maksudnya adalah mengingat dan menggambarkan kenikmatan itu semata karena anugerah Allah yang maha Kuasa.
Ditambah dengan menampakkan kecintaan dan pengagungan kepada Allah yang maha pemberi nikmat dengan tanpa menyandarkan kenikmatan tersebut kepada kekuatan diri sendiri.

3. Bersyukur dengan amal perbuatan

Maksudnya membalas kenikmatan sesuai dengan haknya. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan perbuatan ketaatan dan menggunakan kenikmatan tersebut untuk taat kepada Allah dan tidak untuk memaksiati Allah.

Diantara bentuknya adalah memberikan banyak kebaikan kepada orang lain.

Bersyukur sangat dituntut dilakukan dalam keseharian, misalnya dengan perilaku baik, santun, jujur, ramah tamah adalah bagian dari rasa syukur itu sendiri.

Hal ketiga inilah yang paling penting dalam kehidupan kita sekarang ini.

Sehingga Allah memerintahkan keluarga nabi Dawud untuk beramal sebagai wujud syukurnya, dalam firman Allah :

يَعْمَلُوْنَ لَهٗ مَا يَشَاۤءُ مِنْ مَّحَارِيْبَ وَتَمَاثِيْلَ وَجِفَانٍ كَالْجَوَابِ وَقُدُوْرٍ رّٰسِيٰتٍۗ اِعْمَلُوْٓا اٰلَ دَاوٗدَ شُكْرًا ۗوَقَلِيْلٌ مِّنْ عِبَادِيَ الشَّكُوْرُ

Para jin itu membuat untuk Sulaiman apa yang dikehendakiNya dari gedung-gedung yang Tinggi dan patung-patung dan piring-piring yang (besarnya) seperti kolam dan periuk yang tetap (berada di atas tungku). Bekerjalah Hai keluarga Daud untuk bersyukur (kepada Allah). dan sedikit sekali dari hamba-hambaKu yang bersyukur.” (QS Saba’ : 13).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan