Penting Diketahui, Ini Cara Seluruh Anggota Tubuh dalam Bersyukur 

JABAR EKSPRES – Bersyukur merupakan salah satu bentuk ungkapan terimakasih atas nikmat yang sudah diberikan Allah. Cara manusia bersyukur memang berbeda-beda, namun tahukan kamu bahwa setiap anggota tubuh ternyata bisa menyampaikan rasa syukurnya.

Dengan bersyukur maka Allah menjanjikan akan menambah nikmat yang diberikanNya. Apalagi bila seluruh anggota tubuh ikut bersyukur. Hal ini terdapat dalam Alquran Surat Ibrahim Ayat 7

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

Artinya: (Ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), sesungguhnya azab-Ku benar-benar sangat keras.”

Hal ini sudah banyak dibuktikan, misalnya saat seseorang rajin bersedekah karena bersyukur atas nikmat dari Allah, maka Allah akan semakin membuatnya menjadi kaya, tidak ada seorang ahli sedekah yang miskin.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengungkapkan rasa syukur. Termasuk dengan menggunakan seluruh anggota tubuh kita untuk terus bersyukur, hal ini terdapat dalam QS Al-Mulk ayat 23. Allah berfirman:

قُلْ هُوَ الَّذِيْۤ اَنْشَاَ كُمْ وَجَعَلَ لَـكُمُ السَّمْعَ وَا لْاَ بْصَا رَ وَ الْاَ فْــئِدَةَ ۗ قَلِيْلًا مَّا تَشْكُرُوْنَ

“Katakanlah, “Dialah yang menciptakan kamu dan menjadikan pendengaran, penglihatan, dan hati nurani bagi kamu. (Tetapi) sedikit sekali kamu bersyukur.

Baca juga : Mengapa Harus Bersyukur Atas Nikmat ? Baca Kisahnya Disini

Berikut cara seluruh anggota tubuh dalam bersyukur :

1. Hati nurani

Menjadi pusat dari seluruh tubuh kita, dimana saat hati kita baik, maka seluruh perbuatan dan pikiran kita juga akan menjadi baik. Hal ini juga bisa menunjukkan rasa syukur, karena hati memiliki fungsi sebagai berikut:

A. Untuk membedakan antara baik / buruk
B. Tertanamnya rasa keimanan seseorang
C. Merasakan senang sedih dan gembira
D. Sebagai tempat tumbuhnya penyakit kedengkian, kesyirikan, kemusyrikan, kemunafikan, kedhaliman

2. Pendengaran

Menjadi salah satu cara kita mendapatkan informasi berupa suara tentang kebaikan atau keburukan. Melalui telinga kita bisa mendengarkan suara baik dan buruk, dan juga untuk membedakan suara yang perlu didengar atau tidak didengar.

Dengan menyaring apa saja yang harus dan tidak perlu kita dengar menjadi salah satu bentuk syukur juga, karena kita hanya menggunakan telinga yang diberikan Allah untuk mendengar yang baik-baik saja.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan