Meningkat Lagi, Ini Gejala Covid-19 Terbaru yang Perlu Waspadai

JABAR EKSPRES – Meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia, sudah mulai membuat masyarakat resah. Beberapa Gejala covid-19 yang terjadi juga mulai menjadi kewaspadaan.

Hal ini karena adanya varian baru yang memicu naiknya kasus Covid-19 di Indonesia, sehingga perlu mendapat perhatian masyarakat.

Pasalnya kenaikan kasus Covid-19 dideteksi cukup signifikan. Terbukti dari sepanjang November 2023 ada penambahan sekitar 7 dampai 40 kasus terkonfirmasi Covid-19 per hari secara nasional.

Baca juga :  25 Kasus Terdeteksi Bergejala Covid-19 di Kota Bandung

Sedangkan pada awal Desember 2023 ini, angkanya naik drastis hingga 100 kasus per harinya.

Kenaikan angka Covid-19 biasanya dipicu munculnya varian baru yang sebelumnya sudah ada di Indonesia yakni varian XBB 1.5, namun kini ada subvarian baru lagi yakni EG 2 dan EG. 5.

Untuk menghindari meluasnya penularan virus tersebut masyarakat dihimbau untuk kembali lebih memperhatikan langkah-langkah pencegahan.

Termasuk mulai waspada bila mengalami beberapa gejala yang bisa jadi mengarah pada Covid-19, seperti diantaranya :

– Pilek
– Sakit kepala
– Kelelahan
– Bersin
– Sakit tenggorokan

Gejala lain yang juga dapat terjadi, namun lebih jarang, adalah:

– Demam
– Nyeri otot
– Sesak napas
– Mual dan muntah
– Diare

Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa varian XBB 1.5 dan EG 2/EG.5 mungkin lebih mudah menginfeksi orang yang telah divaksinasi dan dibooster.

Hal ini karena varian-varian ini memiliki mutasi yang dapat membuatnya lebih tahan terhadap antibodi yang dihasilkan oleh vaksin.

Selain itu, varian XBB 1.5 dan EG 2/EG.5 juga dilaporkan dapat menyebabkan gejala yang lebih parah pada orang-orang dengan kondisi kesehatan yang mendasari, seperti penyakit jantung, diabetes, atau kanker.

Baca juga : Dinkes Kota Bandung Terkait Subvarian Covid-19 Baru

Oleh karena itu, penting untuk tetap waspada terhadap gejala Covid-19, bahkan jika Anda telah divaksinasi dan dibooster. Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas, segera lakukan tes Covid-19 untuk memastikan diagnosis.

Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah penularan Covid-19 varian XBB 1.5, sub varian EG 2/EG.5:

1. Dapatkan vaksinasi dan booster
2. Gunakan masker secara konsisten, terutama di tempat-tempat umum
3. Jaga jarak dengan orang lain
4. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan