Niat Puasa Senin Kamis dan Keutamaannya, Salah Satunya Dibukanya Pintu Surga

JABAR EKSPRES – Puasa Senin Kamis merupakan puasa sunah yang memiliki banyak keutamaan. Seperti namanya, puasa ini dilakukan seminggu dua kali yakni pada hari Senin dan hari Kamis.

Puasa Senin Kamis dulu sering dilakukan oleh Rosulullah, hal ini karena puasa Senin Kamis bisa menghapus kesalahan dan meninggikan derajat.

Alasan lain dilakukannya puasa pada 2 hari tersebut, karena dua hari tersebut adalah saat amalan diangkat di hadapan Allah, sehingga sangat baik untuk berpuasa saat itu.

Baca juga : Manfaat Puasa Sunnah untuk Kesehatan Fisik dan Spiritual

Niat Puasa Senin Kamis

Sebelum melakukan ibadah, untuk memenuhi rukunnya, sebaiknya selalu membaca niat, adapun niat puasa hari Senin atau Kamis ini bisa dilafalkan di waktu malam ataupun saat sahur sebelum fajar tiba.

Niat puasa hari Senin:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi tana’ala.

Artinya: “Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.”

Niat puasa hari Kamis:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi tana’ala.

Artinya: “Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.”

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Puasa sunah yang satu ini memiliki banyak keutamaan. Berikut ini beberapa keutamaannya:

1. Pada hari Senin dan Kamis adalah hari dibukanya pintu surga

Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwatkan oleh Abu Hurairah ra, Bahwasannya Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda :

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ، فَيُقَالُ: أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا، أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا، أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا

Artinya: “Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengam-punan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim)

Baca juga : Jadwal Puasa Sunah di Bulan Oktober 2023, Senin Kamis dan Ayyamul Bidh

2. Senin adalah hari Rasulullah SAW dilahirkan

عَنْ اَبِيْ قَتَادَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ اْلِاثْنَيْنِ ؟ فَقاَلَ ذَلِكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيْهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ اَوْ اٌنْزلَ عَلَيَّ فِيْهِ

Artinya: “Dari Abu Qotadah r.a, sesungguhnya Rosulululloh SAW ditanya tentang puasa Senin. Maka beliau menjawab : “Hari Senin adalah hari lahirku, hari aku mulai diutus atau hari mulai diturunkannya wahyu.” (HR. Muslim)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan