Doa dan Amalan Ketika Turun Hujan, Amalkan dan Lihat Manfaatnya

JABAR EKSPRES – Saat turun hujan merupakan salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa, karenanya, banyak yang menganjurkan untuk memanjatkan doa ketika turun hujan.

Bukan hanya berdoa, bahkan ada beberapa amalan yang sebaiknya dilakukan saat turun hujan. Sebagai mana peluang doa yang akan lebih cepat terkabul, demikian juga amalan yang dilakukan saat turun hujan, akan mendapatkan peluang lebih besar untuk menjadi ibadah yang bernilai pahala.

Baca juga : Urutan Doa Saat Hujan, Dari Mulai Turun Hujan Hingga Sudah Reda

Doa yang diajarkan dalam Islam ketika hujan lebat adalah sebuah doa yang mengharapkan hujan menajdi sebuah berkah.

Bacaan doanya adalah sebagai berikut :

اللهم صيبًا نافعًا

“Allahumma sayyiban nafi’an.”

Artinya: “Ya Allah, hujanlah yang bermanfaat.”

Meskipun doa ini tidak secara khusus menyebutkan hujan lebat, namun doa ini dapat dibaca sebagai ungkapan syukur kepada Allah SWT atas karunia hujan yang bermanfaat bagi kehidupan.

Doa ini mencerminkan pengakuan kita terhadap kebesaran Allah sebagai Pemberi rezeki dan pemelihara kehidupan.

Saat membaca doa ini, kita dapat merenungkan betapa pentingnya air hujan bagi pertumbuhan tanaman, penyediaan air minum, dan kehidupan makhluk hidup lainnya.

Dalam Islam, kita diajarkan untuk bersyukur atas setiap nikmat yang Allah berikan, termasuk hujan yang merupakan salah satu rahmat-Nya.

Selain doa diatas, juga ada doa yang meminta agar hujan tidak menjadi sebuah bencana, seperti banjir.

Adapun doa sebagaimana dilansir dai laman Kemenag adalah sebagai berikut:

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا ,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allāhumma hawālainā wa lā ‘alainā. Allāhumma ‘alal ākāmi wal jibāli, waz zhirābi, wa buthūnil awdiyati, wa manābitis syajari.

“Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami (memberkahi), bukan di atas kami (memudaratkan). Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuh pohon.”

Selain membaca doa ini, kita juga dianjurkan untuk melakukan amalan-amalan lainnya seperti bersedekah, berdoa untuk keberkahan hujan, dan merenungkan tanda-tanda kebesaran Allah dalam penciptaan-Nya.

Berikut adalah beberapa amalan yang diajarkan dalam Islam ketika hujan turun:

Tinggalkan Balasan