Prediksi Jadwal Pendaftaran SNBP 2024, Ini Tahapannya

JABAR EKSPRES – Berikut prediksi jadwal pendaftaran SNBP atau SNMPTN 2024. Cek info perkiraannya di bawah ini.

Hingga saat ini, komite Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) memang belum mengumumkan tanggal resmi penyelenggaraan Seleksi Nasional Beasiswa Prestasi (SNBP) untuk tahun 2024.

Meskipun demikian, prediksi jadwal pendaftaran SNBP 2024 bisa merujuk pada pelaksanaan SNBP 2023 sebelumnya untuk memperoleh gambaran umum saja.

Berdasarkan jadwal tahun sebelumnya, tahap awal SNBP yang dijadwalkan pertama adalah pengumuman kuota sekolah.

Apabila jadwalnya tidak mengalami perubahan signifikan dibandingkan dengan tahun 2023, maka sekolah sebaiknya mempersiapkan diri untuk menanti pengumuman kuota siswa yang memenuhi syarat sesuai akreditasi sekolah.

Penting untuk diketahui, SNBP merupakan kependekan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi, sebuah jalur seleksi masuk perguruan tinggi yang menggantikan sistem sebelumnya yang dikenal sebagai Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

BACA JUGA: Ingin Pilih Jurusan Psikologi? Ini Peluang Kerja dan 7 Perguruan Tinggi Terbaik

SNBP merupakan proses seleksi yang dilakukan berdasarkan penilaian prestasi akademik melalui pemeriksaan rapor, serta melibatkan evaluasi portofolio akademik dan non-akademik siswa.

Dengan demikian, SNBP memberikan penilaian komprehensif terhadap prestasi siswa sebagai salah satu kriteria untuk diterima di perguruan tinggi.

Prediksi Jadwal SNBP 2024

Prediksi di bawah ini hanyalah gambaran saja dan merujuk pada jadwal tahun sebelumnya. Pada tahun sebelumnya, jadwal SNBP diatur dalam tiga tahap utama.

1. Pengumuman Kuota Sekolah

Pengumuman kuota sekolah akan dilakukan pada bulan Desember 2023, dan masa sanggah kuota sekolah dijadwalkan pada bulan Januari.

2. Pembuatan akun SNPMB

Tahap kedua adalah Pembuatan Akun SNPMB, di mana seluruh siswa dan sekolah diwajibkan membuat akun SNPMB mulai bulan Januari hingga Februari 2024.

BACA JUGA: Berapa Besaran Uang Bantuan KIP Kuliah 2023? Ketahui Infonya

3. PDSS dan SNBP

Pada tahap ini melibatkan penetapan siswa eligible pada Januari – Februari 2024.

Kemudian pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) pada Januari – Februari 2024.

Prediksi pendaftaran SNBP dilakukan pada Februari 2024. Terakhir pengumuman hasil SNBP diumumkan pada Maret 2024.

Demikian informasi seputar predikasi jadwal SNBP 2024. Perlu dicatat jadwal di atas hanyalah prediksi yang merujuk pada jadwal tahun sebelumnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan