Cek Daftar Bocoran Kisi-Kisi Materi SKB CPNS 2023 Berbagai Instansi, Ada Kejaksaan hingga Kemenkumham

JABAR EKSPRES – Berikut daftar bocoran kisi-kisi materi SKB CPNS 2023, ada Kejaksaan hingga Kemenkumham.

Kisi-kisi materi SKB CPNS 2023 tersebut tercantum dalam surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor B/3187/M.SM.01.00/2023 tanggal 22 November 2023.

“Berdasarkan hal tersebut, dipandang perlu adanya penyampaian Materi Pokok Soal SKB agar para peserta seleksi CPNS TA. 2023 dapat mengenali poin penting dari soal SKB dengan CAT yang akan diujikan sesuai dengan kompetensi jabatannya sehingga dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin,” demikian isi surat Kemenpan RB dikutip JabarEkspres.com, Senin (27/11/2023).

Lebih lanjut lagi, dalam surat tersebut dijelaskan PANSELNAS menyajikan Materi Pokok Soal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) menggunakan Computer-Assisted Test (CAT) untuk jabatan fungsional yang disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional.

Sementara itu, untuk jabatan pelaksana, materi disusun oleh instansi teknis jabatan pelaksana.

Materi Pokok Soal SKB tersebut nantinya akan didistribusikan melalui situs resmi instansi untuk kepentingan selanjutnya.

“PANSELNAS memberikan Materi Pokok Soal SKB dengan CAT untuk jabatan fungsional yang disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional dan untuk jabatan pelaksana yang disusun oleh instansi teknis jabatan pelaksana. Untuk selanjutnya, Materi Pokok Soal SKB tersebut dapat disebarluaskan melalui situs resmi instansi,” bunyi surat Kemenpan.

Seperti yang sudah diketahui, bagi mereka yang lolos SKD berhak mengikuti tahapan selanjutnya yaitu Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan masing-masing instansi pemerintahan.

BACA JUGA: 3 Langkah Ganti Lokasi SKB Non CAT Kejaksaan 2023 dan Jadwal SKB

Bocoran Kisi-Kisi Materi SKB CPNS 2023

1. Dosen Asisten Ahli

  • Etika dan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Pengetahuan dasar dan wawasan terkait etika, pendidikan pengajaran, penelitian, dan pengabdian.

  • Bahasa Inggris

Kompetensi membaca teks dalam Bahasa Inggris yang meliputi: teks artikel ilmiah, teks argumentatif, teks pengumuman dan teks berita.

  • Penalaran dan Pemecahan Masalah

Kemampuan dalam aspek:

a. critical thinking: kemampuan mengidentifikasi masalah;

b. analytical thinking: kemampuan satu informasi dengan informasi lain, mencari hubungan sebab

akibat;

c. creative thinking: kemampuan mencari alternatif solusi dari permasalahan; dan

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan