Cara Membedakan Tas Kulit Merek Lokal dan Import, Jangan Sampai Salah Lagi

JABAR EKSPRES – Produk asli Indonesia kini mulai menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Hal ini karena produsen lokal sudah mulai meningkatkan kualitas produk sehingga setara dengan produk import. Salah satu yang kini sedang naik daun adalah tas kulit merek lokal.

Sudah banyak produsen tas kulit lokal yang mampu bersaing dipasar global. Kualitas produk tas kulit lokal juga tidak kalah bagus, sehingga sudah mulai banyak yang memburunya.

Namun banyak produsen lokal yang menggunakan merek dengan nama yang agak kebarat-baratan, sehingga menyulitkan bagi konsumen untuk membedakannya.

Hal ini menjadi tugas yang menantang, karena banyak merek lokal yang sudah memiliki kualitas dan desain yang sebanding dengan produk impor.

Baca juga : Kerajinan Kulit Buaya dan Ular Tembus Mancanegara

Karenanya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk bisa membedakan antara tas merek lokal atau import, saat akan memilihnya :

1. Label dan Logo

Periksa label dan logo pada tas tersebut. Produk impor biasanya akan memiliki label dengan informasi pabrik dan negara asal. Namun, beberapa merek lokal juga dapat memiliki label yang mirip dengan merek impor.

2. Kualitas Bahan

Sentuh dan perhatikan bahan yang digunakan. Produk impor cenderung menggunakan bahan berkualitas tinggi, namun, ini tidak berarti bahwa merek lokal tidak dapat menggunakan bahan yang sama atau sebanding.

3. Jahitan dan Detail

Perhatikan jahitan dan detail pada tas. Produk impor biasanya memiliki tingkat ketelitian yang tinggi dalam hal jahitan dan detail. Namun, beberapa produsen lokal juga dapat menyediakan produk dengan kualitas jahitan yang sangat baik.

4. Harga

Harga bukanlah indikator pasti, tetapi produk impor biasanya lebih mahal karena biaya produksi, transportasi, dan pajak impor. Jika harga terlalu rendah untuk terlihat masuk akal, itu mungkin merupakan pertanda bahwa produk tersebut bukan produk asli atau kualitasnya tidak baik.

Baca juga : 7 Kerajinan Khas Sunda yang Unik Jadi Cinderamata

5. Garansi dan Sertifikat

Produk impor sering dilengkapi dengan garansi dan sertifikat autentikasi. Namun, beberapa merek lokal juga dapat menyediakan hal serupa. Pastikan untuk memeriksa dokumentasi yang disertakan dengan tas.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan