Kenalan dengan Setan Yang Suka Mengganggu saat Sholat

JABAR EKSPRES – Sering merasa sholat tidak bisa khusyuk karena tiba-tiba ada berbagai pikiran masuk, bahkan teringat hal-hal yang sebelumnya lupa? hal ini karena adanya setan yang suka mengganggu saat kita Sholat.

Setan yang mengganggu saat sholat disebutkan oleh Rosulullah bernama Khinzib atau Khanzab. Setan ini memang bertugas menganggu seseorang saat sedang melakukan ibadah, terutama sholat.

Diantara caranya adalah dengan memasukkan berbagai hal kedalam pikiran orang yang sedang sholat, atau juga meniupkan keragu-raguan akan gerakan sholat, bisa juga saat seseorang buang angin saat sholat.

Semua itu bertujuan agar saat seseorang sholat dia menjadi tidak khusyuk, dan tugasnya akan sangat sukses bila seseorang akhirnya membatalkan sholatnya.

Kasus-kasus gangguan saat sholat ini pernah dialami oleh sahabat Nabi, Utsman bin Abil ‘Ash radhiallahu ‘anhu, beliau pun datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam mengadukan gangguan yang dia alami ketika shalat.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ﺇِﺫَﺍ ﻧُﻮﺩِﻯَ ﺑِﺎﻷَﺫَﺍﻥِ ﺃَﺩْﺑَﺮَ ﺍﻟﺸَّﻴْﻄَﺎﻥُ ﻟَﻪُ ﺿُﺮَﺍﻁٌ ﺣَﺘَّﻰ ﻻَ ﻳَﺴْﻤَﻊَ ﺍﻷَﺫَﺍﻥَ ﻓَﺈِﺫَﺍ ﻗُﻀِﻰَ ﺍﻷَﺫَﺍﻥُ ﺃَﻗْﺒَﻞَ ﻓَﺈِﺫَﺍ ﺛُﻮِّﺏَ ﺑِﻬَﺎ ﺃَﺩْﺑَﺮَ ﻓَﺈِﺫَﺍ ﻗُﻀِﻰَ ﺍﻟﺘَّﺜْﻮِﻳﺐُ ﺃَﻗْﺒَﻞَ ﻳَﺨْﻄُﺮُ ﺑَﻴْﻦَ ﺍﻟْﻤَﺮْﺀِ

“Apabila adzan dikumandangkan, maka setan berlari sambil terkentut-kentut hingga dia tidak mendengar azan tersebut. Apabila adzan selesai dikumandangkan, maka ia pun kembali. Apabila dikumandangkan iqamah, setan berlari lagi. Apabila iqamah selesai dikumandangkan, setan pun kembali, ia akan melintas di antara seseorang dan nafsunya.” (HR. Bukhari no. 608 dan Muslim no. 389).

Baca juga :  Teknik Rukyah Mandiri agar Terbebas dari Gangguan Setan dan Ain yang Diajarkan Syekh Ali Jaber

Setan inilah yang sering kali datang berusaha mengganggu orang yang sedang shalat, sehingga terkadang berbagai pikiran yang sebelumnya tidak terpikirkan malah muncul ketika kita shalat.

Lalu bagaimana cara agar terhindar dari gangguan setan Khinzib atau Khanzab. Hal ini jugta dijelaskan dalam salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Muslim.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ذَاكَ شيطَانٌ يُقَالُ له خَنْزَبٌ، فَإِذَا أَحْسَسْتَهُ فَتَعَوَّذْ باللَّهِ منه، وَاتْفِلْ علَى يَسَارِكَ ثَلَاثًا

“Itu adalah setan. Namanya Khanzab. Jika kamu merasa diganggu, mintalah perlindungan kepada Allah dari gangguannya dan meniup ludah sedikit saja ke arah kiri tiga kali.” (HR. Muslim, no. 2203)

Itulah cara agar setan tidak berani lagi menggangu kita saat sedang Sholat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan