Batu Hitam Misterius di Tengah Jalan Stadion Sukabumi: Gerbang Ghaib hingga Ular Tanpa Kepala!

Jabar Ekspres – Di tengah keramaian Jalan Stadion, Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi, terdapat sebuah batu hitam misterius. Batu tersebut berdiri kokoh di tengah jalan, menjadi perhatian tersendiri bagi pengguna jalan.

Dilihat lebih dekat, batu hitam pekat tersebut memiliki lebar sekira satu meter, dan tinggi lebih dari 50 centimeter.

Batu tersebut menjadi perhatian tersendiri untuk pengguna jalan, karena posisinya yang berada di tengah akses lalu-lalang para pengendara.

BACA JUGA: Sejarah Kokohnya Tembok Tjieboenar Sukabumi

Di tengah keberadaan batu hitam tersebut, konon penuh dengan Kisah-kisah mistis yang menyelimuti batu tersebut, dan berkembang di tengah masyarakat.

Menurut penggiat Sejarah Sukabumi, Irman Firmansyah mengatakan bahwa batu yang berada di tengah Jalan Stadion tersebut, ada kerena muntahan yang dikeluarkan oleh gunung gede.

“Itu batu alam, kemungkinan dari gunung gede yang terbentuk dari endapan lahar yang lama-lama menjadi batu,” ungkapnya kepada Jabar Ekspres pada Kamis (26/10/2023).

Saat ditanya soal cerita mistis yang beredar di tengah masyarakat, ia pun tak menampik akan hal itu dan menjelaskan kisah yang kini sudah familiar soal batu tersebut.

“Kalo disitu setau saya memang ada cerita, di situ (batu) merupakan gerbang ke alam ghaib, jadi di situ sebagai ciri telah melewatinya (alam ghaib), yang kedua ada cerita juga konon disitu masyarakat suka melihat ular besar tanpa kepala (sebagai penunggu batu),” paparnya.

Ia juga menjelaskan bahwa entah cerita dari mana, konon bantu tersebut jika dipindahkan akan kembali lagi ke tempat semula.

Kemudian, ia pun tak bisa memastikan mulanya batu tersebut ada sejak kapan, karena batu tersebut memerlukan proses yang lama untuk terbentuk.

“Batu nya udah lama, zaman Belanda juga saya kira sudah ada. Apalagi letak batu itu dekat dengan Dayeuhluhur yang dulu ada cerita Mbah Terong peyot. (tahun) 1790 juga sudah berkembang ceritanya, mungkin bantu itu sudah ada lebih lama, bisa jadi sudah ribuan tahun,” jelasnya.

BACA JUGA: Miliki Kepribadian Unik, Si Atret Sosok Urban Legend di Kota Sukabumi

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan