Setara Pahala Haji dan Umroh, Ternyata Keutamaan Shalat Dhuha Masih Banyak Lagi

JABAR EKSPRES – Sudah memiliki kebiasaan baik melakukan amalan Shalat Dhuha dipagi hari? maka kamu akan mendapatkan banyak keutamaan Shalat Dhuha yang tak akan pernah kamu sangka.

Shalat Dhuha dipercaya banyak orang menjadi salah satu yang mendatangkan rezeki dari Allah, namun bukan hanya itu, ternyata keutamaan shalat Dhuha juga berpahala besar, bahkan setara dengan pahala haji dan umroh.

Shalat sunnah yang satu ini memiliki waktu khusus yakni disaat dhuha, atau saat matahari sudah mulai terik dan terasa panas atau seperempat siang yang dihitung dari setelah matahari terbit.

Baca juga : Manfaat Sholat Dhuha Ternyata Bisa Sembuhkan Nyeri Sendi

Waktu umumnya bisa dilakukan mulai dari jam 06.00 hingga sebelum masuk waktu Dhuhur.

Sholat dhuha bisa dikerjakan sebanyak 2 rakaat, 4, maupun 8 rakaat.

Berikut keutamaan Shalat Dhuha selain bisa mendatangkan rezeki bagi yang menjalankannya.

1. Mengganti sedekah dengan seluruh persendian

Dari Abu Dzar, Nabi shallallahu ‘alihi wa sallam bersabda,

“Pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah. Begitu pula amar ma’ruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan shalat Dhuha sebanyak 2 raka’at” (HR. Muslim no. 720).

2. Akan dicukupi urusan di akhir siang

Dari Nu’aim bin Hammar Al Ghothofaniy, beliau mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Allah Ta’ala berfirman: Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat raka’at shalat di awal siang (di waktu Dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang.” (HR. Ahmad (5/286), Abu Daud no. 1289, At Tirmidzi no. 475, Ad Darimi no. 1451 . Syaikh Al Albani dan Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih)

3. Mendapat pahala haji dan umrah yang sempurna

Dari Anas bin Malik, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Tinggalkan Balasan