SMAN 1 Cimahi Sabet Gelar Juara Pertama di Festival Pelajar Nusantara 2023

JABAR EKSPRES, CIMAHI – SMAN 1 Cimahi raih gelar juara pertama dalam Festival Pelajar Nusantara 2023 yang diadakan di Gedung RRI Bandung. Kejuaraan tari diraih oleh ekstrakurikuler Rineka Cita SMAN 1 Cimahi, membuktikan siswa dapat lebih mengembangkan bakatnya di bidang non-akademik.

Hylmi Alifah Azmi (18) siswa kelas 12 IPA 7, kejuaraan yang diraih merupakan hasil kerja keras mereka dalam setiap latihan disekolah. Sebelumnya, Hylmi sudah mengikuti sanggar tari diluar sekolah, namun menurut dia dengan mengikuti ekstrakulikuler di sekolah, ia dapat mengembangkan kembali prestasi tarinya.

SMAN 1 Cimahi (Firman/Jabar Ekspres)

“Kalau untuk ekstrakurikuler disekolah untuk mengembangkan bakat di bidang tari. Sebelumnya sudah ikut sanggar, saya kembangkan lagi untuk menambah skill seperti membuat gerakan, musik, dan koreografi,” kata Hylmi saat ditemui Jabar Ekspres, Kamis 26 Oktober 2023.

Baca juga: Unjani Menuju Smart Military Campus Tahun 2025

Dengan mengikuti seni tari di sekolah, dia berharap dapat lebih mengenalkan seni tari pada siswa-siswi di sekolahnya. Peran guru pun tak lepas dari motivasi dan semangat siswa dalam mengikuti setiap kejuaraan.

“Peran guru sangat penting, sangat banyak dukungan untuk memotivasi kami dan mengenalkan seni tari baik di sekolah maupun di luar sekolah,” terang Hylmi.

Siti Aulia Zalika Zhenni (16) siswa kelas 11 D dukungan guru dalam membangun semangat siswa untuk meraih prestasi sangat penting. Contohnya seperti dengan kegiatan memperingati Hari Sumpah Pemuda, guru sangat memotivasi untuk menggelar acara tari di sekolah yang berkolaborasi dengan ekstrakurikuler lainnya.

SMAN 1 Cimahi (Firman/Jabar Ekspres)

“Banyak perannya dan sangat mendukung, seperti tadi kita di acc untuk kolaborasi dengan paduan suara dikegiatan tadi. Meskipun kita latihan H-2 tapi para guru sangat mendukung kita sehingga acara tadi bisa berjalan dengan lancar,” ucap Siti.

Peran guru dalam mendukung siswa berprestasi untuk mengikuti setiap kejuaraan sangat penting. Siti mengatakan, guru selalu memberikan arahan dan membimbing mereka.

“Guru mempermudah kita dalam mengikuti kejuaraan, seperti lomba-lomba atau pun festival. Seperti yang kemarin kita juara satu di Festival Pelajar Nusantara 2023 yang diadakan di Gedung RRI Bandung dengan peserta dari 20 sekolah tingkat SMA se-Jabar, guru sangat mendukung kami dengan memudahkan segala aksesnya,” terang Siti.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan