Prabowo Teratas, Ganjar Naik, Cak Imin Tak Mengangkat Anies

 

Erick Thohir dan Gibran, Cawapres Ideal Prabowo?

 

Apabila Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo tidak jadi bersatu karena terbentar ego masing-masing pihak yang tidak mau jadi cawapres maka Erick Thohir dan Gibran Rakabuming Raka adalah sosok ideal untuk menjadi cawapres pendamping Prabowo Subianto. Berdasarkan hasil survei LSN kali ini cawapres Prabowo sudah semakin mengerucut pada nama Erick Thohir dan Gibran.

Sebanyak 21,8% responden menilai Erick Thohir adalah sosok paling tepat menjadi cawapres pendamping Prabowo, sedangkan Gibran dinilai paling tepat menjadi cawapres Prabowo oleh 20,5% responden. Nama-nama lain yang dinilai publik tepat menjadi cawapres pendamping Prabowo adalah Ridwan Kamil (12,5%), Mahfud MD (10,6%), Khofifah Indar Parawansa (8,3%), Agus Harimurty Yudhoyono (7,5%), Airlangga Hartarto (2,8%), Puan Maharani (1,5%) dan undecided (14,5%).

Erick Thohir dan Gibran Rakabuming Raka selain memiliki elektabilitas tinggi juga merepresentasi kalangan muda. Pasangan Prabowo-Erick maupun Prabowo-Gibran merupakan kombinasi yang ideal  untuk menghadapi tantangan Indonesia ke depan. Selain kombinasi tua-muda, pasangan Prabowo-Erick atau Prabowo-Gibran juga kombinasi antara militer dan sipil. Sebab itu  peluang Erick dan Gibran untuk terpilih sebagai cawapres Prabowo sangat besar dibandingkan nama-nama lain.

Sementara itu untuk cawapres pendamping Ganjar, hasil survei LSN menunjukkan bahwa Sandiaga Uno tetap merupakan satu-satunya tokoh nasional yang dinilai responden paling pantas menjadi cawapres Ganjar. Dengan mengantongi elektabilitas 20,6%, Sandiaga menyisihkan tokoh-tokoh lain yang juga dinilai layak menjadi cawapres Ganjar, seperti Ridwan Kamil (18,1%), Mahfud MD (12,9%), Erick Thohir (10,5%), Andika Perkasa (8,9%), Khofifah Indar Parawansa (7,9%), Puan Maharani (6,2%), Airlangga Hartarto (1,8%) dan undecided (13,1%).

Sedangkan untuk cawapres pendamping Anies Baswedan, mengingat mantan Gubernur DKI itu telah memutuskan menggandeng Ketum PKB Muhaimin Iskandar maka LSN tidak lagi menanyakan kepada responden siapa cawapres ideal pendamping Anies.

 

Pemilih Partai Demokrat, Golkar dan PAN Kian Solid Dukung Prabowo

 

Salah satu temuan yang juga menarik dari survei LSN adalah semakin solidnya dukungan basis massa atau pemilih Partai Demokrat, Partai Golkar dan PAN kepada bacapres Prabowo Subianto. Untuk Partai Demokrat jika pada survei LSN sebelumnya baru 34,5% pemilihnya yang mendukung Prabowo, dalam survei kali ini sebanyak 44,8% responden yang mengaku pemilih Partai Demokrat akan memilih Prabowo jika Pilpres dilaksanakan saat ini. Berarti hanya dalam waktu satu bulan, sekitar 10% pemilih Partai Demokrat telah bermigrasi mendukung Prabowo.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan